PepsiCo Mengatakan Pembeli Mengurangi Pengeluaran Mereka

(Business Lounge Journal – Global News)

Pembeli yang lelah dengan inflasi akhirnya mengurangi pembelian keripik kentang. Selama beberapa tahun terakhir ketika harga melonjak, banyak konsumen terus membeli makanan ringan yang terjangkau seperti Doritos dan Lay’s sebagai pengganti pengeluaran yang lebih besar seperti restoran, konser, atau perjalanan. Namun sekarang, mereka membatasi pengeluaran mereka di semua bidang, kata Jamie Caulfield, kepala keuangan PepsiCo.

Volume penjualan untuk bisnis Frito-Lay Amerika Utara milik PepsiCo turun 4% pada kuartal terakhir, kata perusahaan itu. “Ada sekelompok konsumen yang menjadi lebih sadar harga,” kata Caulfield. “Mereka mencari lebih banyak penawaran untuk mendapatkan lebih banyak uang.”

Raksasa makanan ringan dan soda itu melaporkan peningkatan pendapatan sebesar 1% dan penurunan volume penjualan sebesar 2% pada kuartal Juni secara global. Volume penjualan untuk bisnis minumannya di Amerika Utara turun 3%. Hasilnya lebih lemah dari yang diharapkan Wall Street dan saham PepsiCo naik sedikit pada hari Kamis. Inflasi di AS sedang menurun tetapi konsumen merasakan dampak kumulatif dari kenaikan harga yang tajam selama bertahun-tahun, terutama pada tagihan belanjaan mereka. Konsumen dalam beberapa bulan terakhir telah menjauh dari merek-merek besar seperti Starbucks, Chips Ahoy, dan McDonald’s.

Saham Conagra Brands turun 1,5% dalam perdagangan hari Kamis lalu setelah pembuat makanan ringan daging Slim Jim dan acar Vlasic melaporkan penjualan yang lebih rendah untuk kuartal terakhirnya dan mengeluarkan laba yang mengecewakan. Kepala Eksekutif Conagra Sean Connolly mengatakan dia mengharapkan permintaan membaik secara bertahap selama tahun fiskal, “seiring konsumen beradaptasi dan menetapkan harga referensi baru.” PepsiCo menawarkan produk dan ukuran kemasan yang menawarkan nilai lebih besar bagi konsumen, seperti paket makanan ringan baru berisi 10 item yang laris manis, kata Caulfield.

Pembeli sekarang kurang tertarik pada promosi beli satu gratis satu dan menginginkan harga yang lebih rendah untuk barang-barang tunggal, Caulfield menambahkan. Namun bahkan ketika beberapa konsumen mencari produk dengan harga lebih rendah, pilihan makanan ringan dan soda PepsiCo yang lebih sehat tetap populer, kata Caulfield. Produk-produk tersebut termasuk Pepsi Zero Sugar, PopCorners, dan lain-lain. PepsiCo akan meningkatkan pengeluaran pemasarannya untuk produk-produk tersebut, katanya.