Mengapa Tidak Perlu Membeli iPhone Sekarang

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Tahun ini, Apple memberi kita alasan yang besar. Apple Intelligence, perangkat lunak kecerdasan buatan yang baru saja diumumkan perusahaan tersebut, membutuhkan perangkat keras yang benar-benar baru. Saat fitur-fitur tersebut mulai diluncurkan musim gugur ini, diperlukan iPhone 15 Pro atau 15 Pro Max—atau, mungkin, salah satu model iPhone 16 baru yang akan dirilis pada bulan September. Sedangkan untuk iPad dan Mac, keduanya harus memiliki chip M.

AI akan mengubah cara kita berbelanja produk Apple, dan teknologi secara umum. (Perhatikan juga laptop Copilot+ terbaru Microsoft.). Mungkin sekarang ini kebanyakan konsumen tidak peduli dengan ponsel AI. Ada alasan lain untuk berhati-hati saat memilih Apple di musim panas. Pengumuman Apple Watch dan AirPod juga sering kali dilakukan pada musim gugur. Seorang juru bicara Apple menolak berkomentar tentang produk yang akan diluncurkan.

Apple biasanya menurunkan harga model lama di musim gugur dan transaksi tukar tambah menjadi keterlaluan. Sehingga akan menunggu beberapa bulan untuk model terbaru sering kali berarti konsumen mendapatkan manfaat pembaruan perangkat lunak selama satu tahun tambahan atau lebih.

iPhone

Apple Intelligence mencakup daftar panjang alat: emoji generator, smarter Siri, text summarization, built-in ChatGPT support , dan banyak lagi.

Tetapi mengapa memerlukan ponsel baru untuk itu?

Dua teori. Teori 1: Perangkat lunak AI, terutama alat pada perangkat yang menghasilkan gambar dan mentranskripsikan ucapan, memerlukan prosesor yang lebih baik dan lebih banyak memori. “Secara teori, Anda dapat menjalankan model-model ini pada perangkat yang sangat lama, tetapi akan sangat lambat, sehingga tidak akan berguna,” kata John Giannandrea, wakil presiden senior Apple yang mengawasi strategi AI, dalam wawancara baru-baru ini dengan John Gruber dari Fireball.

Teori 2: Apple menginginkan uang tunai dalam jumlah besar. Membatasi fitur-fitur yang didambakan dari model-model lama membuat orang-orang merogoh kocek mereka—dan dapat memicu siklus super pemutakhiran. Para eksekutif Apple mengatakan bahwa hal itu tidak benar, dan pada minggu lalu, perusahaan tersebut merilis sebuah makalah yang mengatakan bahwa mereka mendesain produk untuk keawetan.

Selain AI, model Pro kelas atas diharapkan akan mendapatkan sistem kamera yang didesain ulang dan layar yang lebih besar tahun ini. Antisipasi model-model non-Pro yang mendapatkan Tombol Aksi—pintasan yang ditambahkan ke Pro tahun lalu. Mungkin baterai ponsel Anda habis setiap kali Anda melihatnya.

Jika konsumen tidak dapat menunggu beberapa bulan, kunjungi Apple Store atau tempat perbaikan untuk mendapatkan baterai pengganti. Harganya tidak lebih dari $100, dan mungkin akan mendapatkan kembali uang tersebut saat menukarkan ponsel yang lama. Hal yang sama berlaku untuk perbaikan layar. Ponsel rekondisi adalah pilihan, tetapi mungkin ada penawaran yang lebih baik untuk ponsel tersebut pada bulan September. Satu-satunya lampu hijau untuk iPhone? iPhone SE. Semua bagiannya sudah lama, tetapi mungkin ini adalah kesempatan terakhir untuk mendapatkan home button.

iPad

Saatnya bermain iPad-opoly, di mana saat “melempar dadu” dan berharap agar menemukan tablet yang tepat! Apple memperbarui sebagian besar jajarannya pada bulan Mei, dan memilih yang tepat bisa jadi sulit. iPad Pro baru seharga $999 ke atas, memiliki chip M4 dan layar OLED yang tajam. iPad Air, yang mulai dari $599, memiliki chip M2. Keduanya hadir dalam ukuran 11 dan 13 inci—dan akan mendapatkan Apple Intelligence. Lewatkan Go, dapatkan $200! iPad dasar mendapat potongan harga, jadi sekarang mulai dari $349. Harganya bagus untuk kebutuhan dasar, tetapi chip A14 Bionic yang lama berarti tidak ada AI! Hal yang sama berlaku untuk iPad Mini, yang sudah lama tidak diperbarui. Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan tablet berusia tiga tahun itu akan diperbarui, tetapi paling cepat akhir tahun ini.

Mac

MacBook Pro 14 dan 16 inci yang ditenagai M3 bukanlah pembelian yang buruk saat ini. Namun, berhati-hatilah. Apple memberikan chip M4 pada iPad Pro baru, jadi hanya masalah waktu sebelum melakukan hal yang sama pada MacBook kelas atas. (Perhatikan juga peningkatan chip iMac, Mac Mini, dan Mac Studio pada tahun depan.) MacBook Air 13 dan 15 inci diperbarui pada bulan Maret dengan chip M3 baru. Jadi, acungkan jempol untuk itu, terutama jika Anda seorang pelajar. Apple memiliki penawaran kembali ke sekolah hingga 30 September. Dan ya, semua Mac ini memenuhi syarat untuk Apple Intelligence.

Apple Watch

Tahun ini, perusahaan tersebut merayakan satu dekade sejak peluncuran perangkat yang dapat dikenakan itu, dan konsumen mengharapkan desain baru pada acara iPhone musim gugur. Apple Watch Ultra yang besar kemungkinan akan mendapatkan pembaruan yang lebih kecil juga. Kemungkinan juga: fitur kesehatan baru, termasuk sensor untuk hipertensi dan sleep apnea, menurut Bloomberg.

AirPods dan lainnya

Terakhir kali Apple memperbarui AirPods biasa ($169 untuk generasi ketiga) dan headphone AirPods Max seharga $549, piramida itu masih dalam tahap development. (Baik, masing-masing tiga dan empat tahun lalu.) Earbud non-Pro akan mendapatkan desain baru, casing yang diperbarui, pengisian daya USB-C, dan peredam bising aktif. Mengenai headphone AirPods Max, masa depannya sedikit lebih suram. Peralihan ke pengisian daya USB-C tampak jelas. Kecuali jika harganya turun. Tidak ada laporan konkret tentang AirPods Pro berikutnya, jadi beli saja.

HomePods dan Apple TV? Keduanya sudah tampak usang, tetapi Apple tidak terlalu mempermasalahkannya. Ditambah lagi, ada banyak pilihan bagus dari pesaingnya.

Semua orang dengan bijaksana menunggu iterasi masa depan yang lebih kecil, lebih ringan, lebih keren—dan lebih murah. Jika tertarik dengan face computer, kunjungi Apple Store dan cobalah. Jika pulang dengan tangan kosong terasa aneh, belilah kain pemoles Apple seharga $19. Sebaiknya menunda membelinya juga. Meskipun bahannya lembut dan tidak kasar, kain ini tidak kompatibel dengan Apple Intelligence.