(Business Lounge Journal – Global News)
Netflix siap untuk beraksi. Raksasa layanan streaming ini tengah mengembangkan acara kompetisi musik baru yang meniru tayangan populer yang sudah lama ditayangkan seperti “American Idol” dan “The Voice” sembari mencoba memperluas cakupan programnya dan menarik selera hampir 270 juta pelanggannya.
Salah satu acara yang tengah digarap, yang diberi nama sementara “Building the Band,” akan menampilkan musisi yang mengikuti audisi untuk menjadi anggota band dan berlatih bersama tanpa bertemu satu sama lain hingga penampilan langsung terakhir mereka, menurut orang-orang yang mengetahui situasi tersebut. Bayangkan “Love Is Blind” bertemu dengan “The Voice.”
Acara lainnya akan menampilkan penulis lagu yang bersaing untuk menulis musik bagi artis profesional, seperti serial realitas pandemi singkat NBC “Songland.” Dua acara mendatang, yang kemungkinan akan dirilis tahun depan, mencerminkan ambisi Netflix untuk menawarkan serial dalam hampir setiap genre, seiring perusahaan tersebut mencoba menarik basis pelanggan yang besar dengan selera yang beragam.
Sementara Netflix awalnya dipandang di Hollywood sebagai pesaing HBO, katalognya yang luas sekarang mencakup program yang dapat ditayangkan di saluran siaran seperti CBS dan NBC, jaringan kabel hiburan umum, dan penyiar asing. Memperluas lebih jauh ke acara kompetisi realitas telah menjadi prioritas. Netflix memiliki beberapa acara kompetisi, termasuk “Is It Cake?” di mana kontestan bersaing untuk membuat kue yang terlihat seperti barang sehari-hari; “Squid Game: The Challenge,” berdasarkan drama Korea yang populer; dan acara kencan populer “Love Is Blind.”
Netflix sudah memiliki satu acara musik, “Rhythm + Flow,” di mana artis terkenal menilai rapper yang sedang naik daun. Penonton menyukai acara realitas menyanyi NBCUniversal yang sudah lama berjalan “The Voice,” yang telah mengudara selama 13 tahun, dan “American Idol” ABC, yang memasuki tahun ke-22, termasuk tugas sebelumnya di Fox. Acara-acara tersebut menawarkan konten yang aman bagi merek dan ramah keluarga yang dapat membantu Netflix menarik minat pengiklan. Perusahaan mulai meluncurkan tingkat iklan $6,99 per bulan pada November 2022, dan mengatakan awal bulan ini bahwa mereka memiliki 40 juta pengguna aktif bulanan secara global, hampir dua kali lipat dari 23 juta yang mereka miliki pada bulan Januari.
Brandon Riegg, wakil presiden serial nonfiksi dan komedi spesial Netflix, awal tahun ini mempekerjakan Jeff Gaspin, mantan rekannya di NBC Universal, sebagai wakil presiden serial tanpa naskah. Bagian dari mandat Gaspin adalah untuk menemukan acara kompetisi global termasuk kompetisi musik, menurut orang-orang yang mengetahui situasi tersebut. Sebagai bagian dari upayanya untuk menemukan acara kompetisi realitas dengan daya tarik global, raksasa streaming tersebut telah memperluas pencariannya di luar studio yang mengkhususkan diri dalam reality TV, kata orang-orang tersebut.
Netflix sangat ingin memastikan acara yang dikembangkannya memiliki alur cerita yang cocok untuk ditonton secara maraton. Streamer tersebut idealnya menginginkan serial yang dapat diluncurkan di beberapa negara berbeda, seperti yang telah dilakukannya dengan waralaba “Love Is Blind”.