(Businesslounge Journal-Marketing)
Pemasaran lokal dimulai dengan beberapa langkah mudah diterapkan yang dapat segera dimulai oleh perusahaan mana pun. Berikut ini adalah lanjutan dari beberapa ide cepat dan sederhana untuk meningkatkan pemasaran lokal bisnis Anda.
10. Bermitra dengan bisnis lokal lainnya.
Bermitra dengan bisnis lain dapat menjadi alat yang ampuh. Aliansi ini melipatgandakan total jangkauan kedua perusahaan. Strategi ini bekerja paling baik bila Anda menemukan bisnis dengan nilai dan tujuan serupa (dan tidak bersaing langsung dengan perusahaan Anda).
Berikut beberapa ide tentang cara bermitra dengan bisnis lain di wilayah Anda:
-Acara yang disponsori bersama
-Bekerja sama dengan konten SEO untuk memastikan hubungan yang saling menguntungkan
-Tautan ke situs web masing-masing
Ketika Anda mengikuti strategi ini, setiap upaya penjangkauan akan berlipat ganda.
11. Lokalkan iklan berbayar.
Periklanan berbasis lokasi memungkinkan bisnis menemukan audiens terbaik di wilayah yang tepat. Iklan dapat menargetkan pengguna lokal; Google, Facebook, dan pengiklan digital lainnya memiliki fitur yang dilokalkan.
Di luar periklanan digital, iklan berbayar yang dilokalkan masih bernilai. Surat kabar lokal, radio spot, buku kupon, bioskop, dan sponsorship adalah beberapa cara terbaik untuk mempromosikan merek Anda ke konsumen lokal.
12. Buat program loyalitas pelanggan.
Program loyalitas pelanggan adalah cara terbaik untuk memastikan pelanggan lokal kembali. Bisnis dapat menawarkan kartu loyalitas fisik atau digital yang memberi penghargaan kepada pelanggan berupa barang gratis atau diskon setelah sejumlah pembelian atau poin tertentu diperoleh. Diskon dan promosi juga dapat dikirimkan ke anggota program loyalitas melalui email atau surat langsung.
Program loyalitas membantu pelanggan merasa dihargai. Selain itu, ini adalah cara terbaik untuk mengumpulkan informasi bermanfaat tentang pelanggan yang telah ikut serta — data yang dapat digunakan dalam kampanye pemasaran lokal lainnya.
13. Melaksanakan program rujukan.
Tidak ada orang yang mengenal komunitas lokal lebih baik daripada mereka yang tinggal dan bekerja di sana. Manfaatkan pelanggan Anda yang sudah ada untuk keuntungan Anda dengan menyiapkan program rujukan. Seperti halnya program loyalitas, Anda dapat menawarkan diskon atau hadiah kepada pelanggan saat mereka mendatangkan orang baru. Orang-orang lebih cenderung mempercayai iklan dari mulut ke mulut, jadi ini adalah cara yang efektif dan murah untuk menyampaikan pesan Anda.
Pelanggan Anda saat ini memahami bisnis Anda dan mengetahui orang-orang di komunitas lokal mana yang paling mungkin membeli produk atau layanan Anda. Program rujukan memastikan pelanggan kembali dan membawa teman dan keluarga yang tertarik. Pastikan untuk menawarkan insentif serupa kepada pelanggan baru Anda untuk membangun loyalitas pelanggan.
Temukan individu lokal untuk bertindak sebagai duta merek yang membangun kesadaran dan kepercayaan terhadap bisnis Anda di komunitas lokal.
14. Ceritakan kisah merek Anda untuk menarik audiens lokal.
Usaha kecil harus menemukan cara untuk menerobos kebisingan pesaing perusahaan besar dan pasar online untuk menyampaikan pesan mereka kepada konsumen. Salah satu cara menarik untuk melakukannya adalah dengan membagikan kisah perusahaan Anda. Kisah pribadi yang unik membantu pelanggan terhubung dengan merek Anda.
Untuk menjangkau audiens lokal, temukan cara untuk menghubungkan cerita Anda dengan komunitas atau wilayah tempat Anda berbisnis. Dalam hal membelanjakan uang, cerita yang bagus mungkin bisa meyakinkan pelanggan untuk mendukung bisnis lokal Anda daripada perusahaan yang tidak berwajah.
Strategi pemasaran lokal yang sukses melibatkan optimalisasi kehadiran digital Anda sambil membangun hubungan dengan anggota komunitas. Meskipun pemasaran lokal online itu berharga, menjangkau target pelanggan Anda secara langsung adalah hal yang penting Al.
Berpikirlah secara global, tetapi beriklanlah secara lokal
Baik Anda menjalankan bisnis yang mengandalkan keterlibatan lokal atau ingin meningkatkan pemasaran lokal, Anda dapat menjangkau audiens target lokal dengan menggunakan taktik yang mudah, terjangkau, dan efektif. Kuncinya adalah menemukan strategi terbaik untuk memastikan bisnis Anda dilihat oleh komunitas lokal, melibatkan audiens target Anda, dan membangun hubungan pelanggan yang kuat.
Lihat pengaruh apa yang dapat dihasilkan bisnis Anda di komunitas Anda dengan menerapkan strategi pemasaran lokal berikut sekarang.