Kesederhanaan Adalah Kunci Periklanan Online yang Efektif (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing)

Penelitian ilmiah telah menunjukkan korelasi yang kuat antara iklan yang tidak rumit dan keterlibatan pelanggan yang lebih kuat. Iklan sederhana harus efektif di berbagai jenis media. Mereka harus menyampaikan pesannya dengan jelas baik di papan reklame, layar TV, atau situs web. Berikut ini adalah kelanjutan dari praktik terbaik untuk membuat iklan sederhana namun efektif untuk produk atau layanan bisnis Anda.

4. Buat iklan terpisah untuk pemasaran merek dan pemasaran produk.
Menjaga segala sesuatunya tetap sederhana tidak berarti hanya membuat satu iklan. Sebaliknya, Anda dapat mengembangkan dua kampanye terkait: kampanye yang mempromosikan merek Anda dan kampanye lainnya yang berfokus pada produk atau layanan tertentu. Kampanye-kampanye ini mungkin masuk akal untuk diluncurkan secara bersamaan, namun kemungkinan besar kampanye tersebut tidak akan berjalan dalam jangka waktu yang sama. Iklan merek adalah permainan jangka panjang, sedangkan iklan produk memberikan hasil yang lebih efektif dalam jangka pendek.

Untuk mengiklankan merek Anda secara efektif, kembangkan iklan yang rapi dan tidak rumit yang menceritakan kisah perusahaan Anda dan menyampaikan nilai-nilainya. Iklan-iklan ini harus, secara berurutan, membentuk sebuah narasi. Untuk pemasaran produk, fokuslah pada penjualan sementara atau penawaran baru. Kegembiraan yang melekat pada setiap penawaran dapat mendorong konsumen untuk mengambil tindakan.

Konsumen dan merek menjaga hubungan yang bermakna — hubungan yang mungkin diprioritaskan oleh dua sahabat. Strategi periklanan merek Anda memainkan peran besar dalam memperkuat hubungan ini.

5. Periksa apakah Anda telah menyertakan semua detail terkait.
Saat Anda fokus membuat konten yang menarik secara visual, detail intinya bisa jadi mudah terlupakan. Misalnya, pengiklan yang mengembangkan iklan yang mempromosikan obral saat musim liburan sering kali lupa menyertakan persentase diskon. Tanpa faktor utama yang mendorong tindakan tersebut, kecil kemungkinan audiens target akan mengambil langkah yang diinginkan pengiklan.

6. Tetapkan tujuan dan hasil utama.
Sebelum Anda meluncurkan iklan, tentukan tolok ukur yang menjadikannya sukses. Ini adalah tujuan dan hasil utama Objectives and Key Results (OKR) Anda. Misalnya, jika Anda mengiklankan promosi jangka pendek, tujuan Anda mungkin adalah mencapai 500 penggunaan kode promo di kalangan konsumen. Nantinya Anda akan memperoleh data untuk menampilkan hasil Anda melalui platform iklan Anda, yang seharusnya dilengkapi dengan alat metrik bawaan.
OKR adalah sasaran yang dikaitkan dengan hasil numerik, sedangkan indikator kinerja utama /Key performance indicators (KPI) adalah metrik yang mencerminkan tingkat keberhasilan suatu inisiatif bisnis.

7. Jalankan iklan Anda, dan analisis hasilnya.
Luncurkan iklan Anda, dan seiring kemajuan kampanye Anda, periksa platform metrik Anda secara berkala untuk mencari data penting. Bandingkan kinerja yang Anda lihat dengan OKR yang telah Anda tetapkan, dan tanyakan pada diri Anda apakah Anda menganggap iklan Anda sukses. Jika ya, ulangi proses untuk kampanye Anda berikutnya. Jika tidak, lihat angkanya untuk melihat di mana kesalahannya. Menjaga segala sesuatunya tetap sederhana sambil melakukan penyesuaian yang sesuai untuk kampanye Anda berikutnya sangat penting untuk keberhasilan periklanan di masa depan.

Sederhana namun kuat
Penelitian menunjukkan bahwa iklan sederhana lebih efektif dibandingkan iklan kompleks. Untungnya, langkah-langkah dalam membuat iklan yang tidak rumit sangatlah mudah. Selain itu, Anda dapat terus mencoba hingga berhasil. Bagaimanapun, kesederhanaan bukanlah satu-satunya faktor keberhasilan iklan. Melanjutkan upaya Anda sampai Anda secara konsisten mencapai sasaran, manfaatkan iklan tanpa hiasan secara maksimal.