(Businesslounge Journal-Marketing)
Perusahaan pemasaran mengambil alih proses padat karya sambil menerapkan pendekatan konsultatif untuk merancang strategi pemasaran Anda.
Tentukan apakah perusahaan pemasaran dapat menangani layanan yang Anda butuhkan sebelum memutuskan apakah layanan tersebut cocok untuk bisnis kecil Anda.
Identifikasi tujuan Anda, dapatkan referensi, dan minta proposal tertulis terperinci sebelum melanjutkan dengan perusahaan pemasaran mana pun.
Artikel ini ditujukan untuk pemilik usaha kecil yang mempertimbangkan untuk mengalihkan upaya pemasaran mereka ke agen pemasaran.
Banyak pengusaha dan pemilik usaha kecil kesulitan mengelola tugas pemasaran dan periklanan saat menjalankan operasional bisnis mereka sehari-hari, meskipun mereka memiliki pengetahuan tentang pemasaran usaha kecil. Selain itu, pemasaran digital memerlukan pemahaman mendalam tentang berbagai saluran dan platform yang banyak pemilik bisnis tidak punya waktu atau pengalaman untuk mengelolanya secara optimal.
Dalam kasus ini, perusahaan pemasaran dapat membantu meningkatkan laba atas investasi (ROI) pemasaran perusahaan Anda dan membebaskan sumber daya internal. Namun bagaimana Anda bisa yakin bahwa Anda menyewa perusahaan yang tepat?
Bagaimana memilih perusahaan pemasaran
Memilih perusahaan pemasaran harus menghasilkan lebih dari sekadar dolar dan sen. Menyerahkan upaya pemasaran Anda kepada pihak ketiga membutuhkan kepercayaan; lagi pula, mereka akan mengelola merek Anda dan cara Anda berkomunikasi dengan audiens Anda. Perusahaan pemasaran dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan strategi pembangunan merek Anda.
Pertimbangkan delapan praktik terbaik berikut ketika memilih perusahaan pemasaran yang akan memberikan layanan berkualitas tinggi serta komunikasi dan pelaporan yang andal.
1. Identifikasi tujuan Anda sebelum menyewa perusahaan pemasaran.
Mengidentifikasi tujuan Anda adalah langkah pertama dalam menyewa perusahaan pemasaran. Bersikaplah spesifik. Daripada mengatakan, “Saya ingin meningkatkan penjualan”, identifikasikan item yang dapat ditindaklanjuti seperti, “Saya ingin meningkatkan kunjungan ke toko e-niaga saya”, atau “Saya ingin mengurangi tingkat pengabaian keranjang.”
Memahami tujuan Anda dan menetapkan indikator kinerja utama (KPI) akan membantu Anda memilih perusahaan pemasaran yang tepat dan mengukur keberhasilannya sepanjang hubungan Anda. “Hal ini sangat bergantung pada tujuan akhir pemilik bisnis,” kata Travis McKnight, arsitek strategi konten di Portent. “Jika mereka hanya mencoba untuk mendapatkan situs web yang berfungsi… mereka tidak memerlukan tim yang paling hebat. Jika mereka mencoba untuk mendapatkan lebih banyak konversi… mereka membutuhkan tim dengan lebih banyak keahlian dan ketangkasan.”
Jika tujuan pemasaran Anda jelas, hematlah uang dengan mempekerjakan tim untuk melaksanakan tugas-tugas dasar. Namun jika Anda menginginkan strategi pemasaran yang lebih mendalam atau dinamis, pertimbangkan untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya ke anggaran pemasaran bisnis kecil Anda.
2. Carilah referensi untuk perusahaan pemasaran dan pertimbangkan keahlian industri.
Periksa referensi calon mitra pemasaran, dan lihat apa yang dikatakan bisnis serupa tentang mereka. Perhatikan baik-baik perusahaan pemasaran yang layanannya tampaknya relevan dengan kebutuhan Anda.
David Wyatt, kepala komunikasi dan strategi bisnis di Mighty Coconut, mengatakan Anda harus selalu mengacu pada referensi terkini. “Pemasaran bisa menjadi industri yang sangat fluktuatif, dan klien perlu mengetahui bagaimana kinerja tim agensi dalam beberapa bulan terakhir,” kata Wyatt.
Selain itu, jika perusahaan pemasaran khusus melayani industri Anda (atau, lebih baik lagi, usaha kecil di industri Anda), mungkin ada baiknya untuk melihat lebih dekat. “Pemasaran khusus industri adalah yang terbaik untuk usaha kecil,” kata Kathryn Carter Heck, analis pemasaran mesin pencari untuk Coalmarch. “Contohnya, Coalmarch adalah perusahaan pemasaran khusus industri pengendalian hama. Karena kami melayani klien tertentu, kami memberikan pemahaman yang tak tertandingi tentang musim dan cara orang berbelanja untuk apa yang klien kami jual.”
3. Membuat daftar calon perusahaan pemasaran.
Setelah Anda mengidentifikasi beberapa perusahaan pemasaran yang sesuai dengan tujuan Anda dan memiliki pengalaman melayani bisnis serupa di industri Anda, buatlah daftar kandidat untuk ditinjau. Dari sini, jalin kontak langsung dengan agensi tersebut, dan beri tahu mereka bahwa Anda mempertimbangkan untuk mempekerjakan mereka.
4. Mintalah contoh pekerjaan dari perusahaan pemasaran yang ada dalam daftar pilihan Anda.
Tanyakan kepada setiap kandidat dalam daftar pilihan Anda untuk contoh pekerjaan yang relevan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin membangun situs web bisnis yang efektif, mintalah untuk melihat situs web klien sebelumnya. Jika Anda ingin mereka mengelola media sosial untuk bisnis Anda, mintalah untuk melihat akun klien lain.
Tidak semua perusahaan pemasaran diciptakan sama. Klien harus mengetahui kemampuan dan kapasitas seperti apa yang mereka perlukan sebelum memulai pencariannya. Banyak kampanye sebelumnya dan pekerjaan lain membantu menunjukkan berbagai keterampilan yang dimiliki perusahaan pemasaran.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)