Tips Menyewa Perusahaan Pemasaran (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing)

Berikut ini kelanjutan dari delapan praktik terbaik yang perlu dipertimbangkan ketika memilih perusahaan pemasaran yang akan memberikan layanan berkualitas tinggi serta komunikasi dan pelaporan yang andal.

5. Tinjau pemasaran perusahaan pemasaran.
Cara terbaik lainnya untuk mengetahui seberapa baik perusahaan pemasaran dapat bekerja untuk bisnis kecil Anda adalah dengan memeriksa upaya pemasarannya.

Tinjau situs web dan saluran media sosial mereka untuk mengetahui konten, grafik, dan merek mereka. Jika properti digital mereka terlihat profesional dan efektif, kemungkinan besar mereka juga dapat melakukan hal yang sama untuk bisnis Anda. Jika tidak, pertanyakan apakah mereka benar-benar memiliki keahlian atau keterampilan yang Anda butuhkan.

Heck mengatakan bahwa secara umum, Anda harus menghindari menyewa perusahaan pemasaran yang tidak memiliki pemasaran yang kuat untuk agensinya sendiri. “Jika mereka tidak meluangkan waktu untuk pemasaran mereka sendiri, bagaimana Anda bisa mengharapkan mereka mengembangkan perusahaan Anda melalui upaya pemasaran mereka?”

6. Pertimbangkan ulasan pelanggan online tentang perusahaan pemasaran potensial.
Jika Anda mempertimbangkan perusahaan pemasaran, periksa apakah mereka memiliki ulasan pelanggan online atau testimonial yang mendukung keahlian mereka. Perusahaan pemasaran terkemuka memiliki banyak ulasan dan tidak akan mencoba mengaburkannya. Melanjutkan hubungan dengan agen pemasaran tersebut mungkin berisiko jika Anda tidak dapat menemukan ulasan apa pun. “Salah satu tanda bahaya utama yang harus dihindari saat merekrut perusahaan atau agensi pemasaran adalah tidak adanya ulasan atau portofolio yang tersedia,” kata David McHugh, mantan CMO Crediful. “Anda harus menjauhi agensi yang tidak memiliki testimoni atau ulasan dari klien sebelumnya. Ini bisa jadi merupakan tanda bahwa agensi pemasaran tersebut masih baru atau mantan klien mereka memiliki pengalaman buruk, keduanya merupakan tanda bahwa agensi tersebut tidak tepat untuk Anda.”

Jika bisnis Anda mendapat ulasan negatif dari pelanggan, jawablah dengan cepat dengan respons yang dipersonalisasi, bijaksana, dan penuh empati untuk menunjukkan komitmen tulus Anda kepada pelanggan.

7. Minta perjanjian layanan terperinci sebelum menyewa perusahaan pemasaran.
Pemasaran dapat menjadi aspek luas dalam menjalankan bisnis; pastikan Anda memahami semua yang Anda bayar. Untuk menghindari kesalahpahaman, mintalah perjanjian layanan rinci atau proposal bisnis dari calon perusahaan pemasaran. Minta mereka untuk mengelompokkan semua layanan yang akan mereka berikan beserta biaya item barisnya. Sebagian besar perusahaan pemasaran yang layak untuk dipekerjakan akan melakukan ini untuk Anda. Jika tidak, mintalah penjelasan yang jelas mengapa mereka tidak bisa.

8. Menandatangani kontrak jangka pendek dengan perusahaan pemasaran dan menilai kembali secara berkala.
Beberapa strategi pemasaran menghasilkan ROI yang cepat, sementara taktik lainnya memerlukan waktu lebih lama agar efektif. Untuk mengelola variabel-variabel ini, tandatangani kontrak singkat berdurasi sekitar 90 hari dan nilai kembali kemajuan Anda menuju tujuan yang Anda identifikasi setiap tiga bulan. Jika Anda yakin perusahaan pemasaran membuat kemajuan yang wajar, pertimbangkan untuk memperbarui kontrak. Jika tidak, Anda bebas untuk melanjutkan.

Banyak agen pemasaran bersedia bekerja sama dengan usaha kecil untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika perusahaan pemasaran agresif dalam mencoba membuat Anda menandatangani kontrak jangka panjang (misalnya satu tahun atau lebih), tanyakan alasan mereka. Tergantung pada layanan yang Anda minta, mungkin ada alasan strategis untuk jangka waktu kontrak yang panjang.

Namun, jika sebuah perusahaan tidak dapat atau tidak mau menjelaskan kebutuhan praktis di balik kontrak jangka panjang, hal ini bisa menjadi tanda bahaya bahwa perusahaan tersebut mencoba mengunci Anda dalam perjanjian layanan demi keuntungannya sendiri.

Tetapkan sasaran bisnis yang dapat dicapai untuk kampanye pemasaran Anda dan nilai keberhasilan perusahaan pemasaran Anda dalam mencapai KPI yang disepakati.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)