(Businesslounge Journal-Human Resources)
Bagaimana beberapa pemimpin bisnis terkenal memikirkan tentang siapa yang harus dipekerjakan, dan apa yang dapat Anda ambil dari ide mereka? Kelanjutan dari filosofi rekrutmen dan taktik dari para pemimpin terkenal ini adalah sebagai berkut:
8. “Jika kita tidak mempekerjakan orang-orang hebat dan terus maju dengan kecepatan penuh, akan mudah untuk tertinggal dan menjadi perusahaan biasa-biasa saja.” – Bill Gates, CEO Microsoft
Microsoft tidak menjadi salah satu perusahaan teknologi paling sukses di dunia dengan bersikap santai. Jika Anda ingin terus mengembangkan bisnis dengan cepat, Anda tidak boleh memperlambat atau berpikir bahwa posisi Anda “cukup baik”. Terus cari individu-individu berbakat untuk bergabung dengan tim Anda dan bawa ke level berikutnya.
Pertimbangkan bagaimana Anda akan membidik sasaran bisnis baru setelah Anda memenuhi sasaran yang telah Anda tetapkan. Kemudian pekerjakan orang-orang yang menunjukkan kecerdikan, visi, dan etos kerja untuk terus mencapai yang lebih tinggi bersama Anda.
Bahkan jika menurut Anda staf Anda siap, selalu merupakan praktik yang baik untuk mencari bakat yang cocok dengan bisnis Anda.
9. “Anda dapat bermimpi, menciptakan, merancang, dan membangun tempat paling indah di dunia… tetapi orang harus mewujudkan mimpi itu menjadi kenyataan.” – Walt Disney, pendiri The Walt Disney Company
Disney membangun kerajaan global bernilai miliaran dolar – dan dia tidak dapat mencapainya tanpa tenaga kerja yang berdedikasi di belakangnya. Temukan kandidat berbakat yang ingin membantu mewujudkan impian perusahaan Anda dan yang dapat bekerja dengan baik dengan tim Anda yang ada untuk mewujudkannya.
Disney hanya dapat membangun kerajaannya dengan orang-orang inovatif dan kreatif lainnya di sisinya. Dia memastikan untuk tidak pernah menjadi satu-satunya orang di perusahaannya yang memiliki ide-ide besar, atau dengan pemikiran kreatif yang diperlukan untuk memandu ide-ide tersebut hingga membuahkan hasil.
10. “Kita tidak dapat memecahkan masalah dengan menggunakan jenis pemikiran yang sama dengan yang kita gunakan saat kita membuatnya.” – Albert Einstein, fisikawan teoretis dan pemenang Hadiah Nobel
Dia mungkin bukan pengusaha dalam pengertian klasik, tetapi tidak ada yang mempertanyakan fakta bahwa Einstein adalah seorang inovator besar. Dan ingat, ini adalah orang yang sama yang mengatakan “Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. Karena pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi mencakup seluruh dunia, merangsang kemajuan, melahirkan evolusi.”
Pemimpin bisnis apa yang tidak ingin mendorong kemajuan perusahaannya atau mengembangkan bisnisnya? Cara berpikir baru adalah yang mengarah pada inovasi, dan tidak ada usaha bisnis yang bisa stagnan dan juga sukses. Mempekerjakan orang yang berpikir berbeda dari Anda adalah salah satu cara untuk membuat bisnis Anda tetap inovatif dan inovasi adalah satu-satunya jalan nyata menuju sukses.
“Kamu harus mengambil apa yang kamu punya dan terbang bersamanya.” – Jim Henson, dalang dan pencipta The Muppets. Mungkin Anda membaca kutipan di atas dan berpikir, “Tentu, semua ini kedengarannya bagus, jika Anda memiliki sumber daya.” Pada akhirnya, tentu saja, Anda harus bekerja dengan apa yang Anda miliki. Henson percaya dalam membuat semua yang Anda bisa dari itu.
Jika Anda sedang mencari inovasi tetapi saat ini tidak sedang mencari karyawan baru, bersandarlah pada staf yang Anda miliki: Mintalah masukan. Brainstorming tidak terbatas pada orang terkenal dan eksekutif besar; beberapa jawaban yang Anda butuhkan (dan bahkan mungkin tidak Anda ketahui) dapat berada pada siapa pun di dalam organisasi Anda.
Ajukan pertanyaan kepada staf Anda: Apa yang mereka butuhkan yang tidak mereka miliki? Bisakah mereka menemukan cara baru dalam melakukan tugas yang membuatnya lebih efisien, menguntungkan, atau kreatif? Terkadang para pekerja di parit akan memiliki perspektif dan wawasan yang belum Anda pertimbangkan.
Ajukan pertanyaan kepada staf Anda: Apa yang mereka butuhkan yang tidak mereka miliki? Bisakah mereka menemukan cara baru dalam melakukan tugas yang membuatnya lebih efisien, menguntungkan, atau kreatif? Terkadang para pekerja di parit akan memiliki perspektif dan wawasan yang belum Anda pertimbangkan.
Ajukan juga pertanyaan pada diri Anda sendiri, bahkan jika Anda merasa terhambat oleh hari-hari Anda. Buat salah satu peta ide sekolah menengah itu, dan jangan membatasi diri Anda dengan cara apa pun; Anda mungkin mengejutkan diri sendiri dengan jawaban yang tidak Anda ketahui sudah Anda miliki. “Gunakan apa yang Anda miliki” adalah moto yang membuat orang melewati Depresi Hebat. Moto itu membuat orang melewati masa-masa sulit bahkan sekarang, dan itu akan membantu bisnis Anda bertahan dan berkembang juga.
Menyatukan semuanya
Jelas bahwa banyak pemimpin terkenal memiliki setidaknya satu filosofi perekrutan yang sama: Jangan pernah terintimidasi oleh pelamar yang mungkin menyukai Anda; merekalah yang memiliki sesuatu untukmu. Pemimpin terbaik tahu bahwa tipe yang lebih cerdas, lebih kreatif, dan visionerlah yang akan dapat melihat hal-hal yang mungkin Anda lewatkan dalam organisasi Anda sendiri, apakah itu cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu yang sudah Anda lakukan, atau kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru.
Para pemimpin ini juga menyimpang dari manajemen yang berlebihan. Itulah mengapa sangat penting untuk memikirkan tentang tipe orang (dan harus ada berbagai “tipe”) yang ingin dan ingin Anda gunakan untuk bekerja. Cari pemula yang dapat membantu Anda membayangkan hal-hal besar – dan biarkan mereka mulai bekerja.
Apakah Anda ingin tahu mengapa mempekerjakan karyawan yang tepat sangat penting bagi suatu organisasi?
Menemukan dan mempekerjakan karyawan yang tepat memiliki manfaat yang sangat baik bagi pemberi kerja mana pun yang bersedia menginvestasikan waktu, energi, dan sumber daya ke dalamnya.
Tapi sekarang Anda mungkin berpikir, “Dalam kekurangan pekerja terampil ini, saya tidak punya waktu atau sumber daya. Saya perlu mempekerjakan orang sekarang.” Kami mengerti, Anda harus menjaga produksi tetap tinggi, dan terkadang Anda tidak sabar menunggu orang yang tepat untuk pekerjaan itu.
Namun, tidak mempekerjakan dengan baik pada kali pertama dapat membuat Anda lebih mahal daripada jika Anda meluangkan sedikit waktu dan uang ekstra untuk memilih orang yang tepat untuk pekerjaan itu.
Mempekerjakan orang yang tepat sangat penting. Bisnis Anda hanya sebaik karyawan Anda. Dari meja depan hingga kantor eksekutif, setiap karyawan mewakili aspek bisnis Anda kepada klien, dan masyarakat pada umumnya. Mempekerjakan orang yang salah dapat merugikan Anda lebih dari sekadar uang.
Mengelola orang-orang di perusahaan Anda membutuhkan waktu. Tetapi berurusan dengan karyawan yang ‘berkinerja buruk’ dapat memakan waktu hingga 70 persen lebih banyak daripada anggota ‘berkinerja baik’ dari tenaga kerja Anda.
Ketika Anda mempekerjakan orang yang tepat, Anda dapat fokus menjalankan bisnis Anda, daripada mengkhawatirkan apakah karyawan menyelesaikan pekerjaan, dan dilakukan dengan benar, pertama kali.
Mempekerjakan orang yang tepat hari ini dapat mengurangi jumlah orang yang perlu Anda pekerjakan di masa mendatang, seiring pertumbuhan perusahaan Anda. Kandidat yang tertarik dan berinvestasi dalam bisnis Anda akan terbuka untuk mengembangkan peran mereka saat bisnis Anda semakin matang. Karyawan yang mampu mengambil kepemilikan atas pekerjaan mereka dan tempat mereka di dalam perusahaan Anda tidak hanya akan membantu bisnis Anda berkembang, tetapi mereka juga akan bekerja untuk menstabilkan dan meningkatkan perusahaan Anda di semua tingkat pertumbuhan.