Cara Menemukan Nama Bisnis yang Sempurna

Cara Menemukan Nama Bisnis yang Sempurna

(Businesslounge Journal-Marketing and Service)

Pelajari elemen nama bisnis yang sempurna dan cara membuatnya.

Nama bisnis lebih dari sekadar kata-kata – ini adalah representasi dari perusahaan dan merek Anda. Proses memilih nama bisnis mungkin tampak sederhana pada awalnya, tetapi ada banyak faktor yang berperan dalam menciptakan nama yang sukses.

Pembuatan nama perusahaan Anda tidak boleh dianggap enteng. Itu harus menjadi sesuatu yang Anda banggakan dan akan Anda jalani selama beberapa waktu. Meskipun Anda tidak pernah terjebak dengan sebuah nama, pilihlah satu dengan tujuan untuk mempertahankannya selama bertahun-tahun.

Memiliki nama yang sesuai dengan konsumen Anda dapat menghemat uang Anda, karena Anda tidak perlu menghabiskan uang iklan untuk mengklarifikasi pesan yang kurang jelas. Nama baik juga dapat mengangkat Anda di atas pesaing, membantu Anda menjangkau pasar baru dan membuka pintu untuk pertumbuhan lebih lanjut.

Nama bisnis yang bagus harus disertakan
Meskipun ada berbagai aturan dan pengecualian tentang apa yang harus disertakan dalam nama bisnis yang baik, para ahli menyepakati beberapa elemen umum. Pertama dan terpenting, nama bisnis harus fokus pada pesan yang ingin Anda gambarkan.

Nama yang dipilih harus mencerminkan atribut yang ingin Anda kirimkan kepada pelanggan. Nama-nama terbaik sangat menunjukkan kebutuhan pelanggan sehingga tampak jelas.

Nama yang baik harus pendek – dua sampai empat – suku kata dan mudah diucapkan. Nama pendek sangat ideal, karena cenderung sangat bermerek dan mudah diingat konsumen.

Nama-nama yang ada memiliki makna yang mapan, tetapi istilah-istilah itu juga kemungkinan besar akan digunakan oleh beberapa pesaing Anda. Perhatian utama tentang penggunaan istilah umum sebagai bagian dari nama bisnis Anda adalah apakah merek dagang dan nama domain tersedia, dan banyak kata umum sudah digunakan di area ini.

Jika seseorang di industri yang serupa dengan Anda sudah menggunakan nama bisnis atau organisasi tertentu, Anda tidak boleh menggunakannya, dan juga tidak mau. Anda juga harus menghindari nama apa pun yang mirip secara membingungkan.

Bagaimana cara membuat nama bisnis?
Ada berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk merancang nama untuk perusahaan Anda . Metode yang paling sukses adalah metode penamaan yang berpusat pada pelanggan.

Mulailah prosesnya dengan mengumpulkan sejumlah staf departemen atau konsultan untuk mengembangkan daftar karakteristik yang Anda inginkan untuk dipertahankan oleh perusahaan Anda. Sesi brainstorming ini harus menghasilkan serangkaian ciri karakter pada merek yang kemudian dapat Anda cocokkan dengan serangkaian kata yang tersirat oleh setiap sifat.

Dengan kata-kata tersirat, buat serangkaian kombinasi kata yang menonjolkan berbagai sifat karakter dan kerjakan menjadi nama yang memiliki arti bagi pelanggan. Ini harus berkembang menjadi daftar panjang ide nama bisnis putaran pertama.

Setelah Anda memiliki kumpulan ide nama bisnis potensial pertama Anda, disarankan untuk melakukan polling kepada calon pelanggan untuk memberi peringkat setiap nama dari 1 hingga 20, berdasarkan seberapa cocok atau menggambarkan bisnis Anda. Gunakan jajak pendapat konsumen untuk mempersempit daftar Anda menjadi lima kandidat teratas. Pastikan bahwa kandidat teratas ini, secara budaya dan bahasa, tidak akan menimbulkan konflik di negara tempat Anda ingin beroperasi.

Langkah penting berikutnya yang dilewati banyak pemilik bisnis adalah meneliti setiap nama teratas Anda untuk pendaftaran perusahaan, merek dagang, paten, dan ketersediaan nama domain. Anda harus memilih nama dengan domain .com yang tersedia.

Kecuali Anda adalah pemerintah, lembaga pendidikan, atau nirlaba, tentunya Anda pasti menginginkan .com. Pelanggan Anda akan secara otomatis berasumsi bahwa situs web Anda adalah .com karena itu adalah nama yang paling dikenal di internet.

Perlu diperhatikan juga agar tidak memilih domain .net atau .biz ketika versi .com sudah diambil oleh orang lain – hal itu membingungkan pelanggan Anda dan kemungkinan akan mengirim mereka ke situs web yang salah. Opsi terbaik adalah memilih nama yang memungkinkan Anda mendaftar untuk semua versi (.com, .net, .biz), jika memungkinkan, untuk melindungi nama perusahaan Anda.

Setelah meneliti nama bisnis potensial teratas Anda, Anda mungkin memiliki satu pemenang yang jelas, atau beberapa opsi yang layak. Apa pun itu, buat grup fokus yang terdiri dari teman dan keluarga untuk menganalisis nama teratas Anda dan memverifikasi hasil akhirnya. Berikut ini adalah empat tips pada saat berbicara dengan anggota kelompok fokus Anda.

– Tulis nama bisnis Anda dan minta orang untuk mengucapkannya.
– Ucapkan namanya dan tanyakan kepada orang-orang bagaimana mereka mengejanya.
– Tanyakan kepada orang-orang apa arti nama itu bagi mereka.
– Periksa dengan anggota kelompok fokus Anda sehari setelah pertemuan Anda dan tanyakan apakah mereka ingat namanya.

Kesalahan penamaan bisnis yang umum
Nama bisnis sangat penting. Sementara nama yang bagus dapat memicu terobosan yang sukses, kerugian dari memilih nama bisnis yang buruk atau yang tidak beresonansi dengan konsumen juga bisa menjadi signifikan. Ada keseimbangan yang baik yang harus Anda capai saat membuat nama bisnis Anda.

Banyak pemilik menamai bisnis mereka setelah produk atau layanan tertentu yang mereka sediakan. Namun, ini dapat menimbulkan masalah di kemudian hari ketika perusahaan menawarkan barang atau jasa yang tidak terkait dengan namanya. Demikian pula, jika nama bisnis Anda tampaknya sama sekali tidak terkait dengan barang atau jasa yang Anda berikan, hal itu juga dapat berdampak negatif. Kecuali Anda memiliki anggaran pemasaran yang besar untuk membangun merek Anda, nama yang tidak jelas dapat membuat audiens target Anda lama mengingat dan memahami, dan tidak akan mudah terlihat di mesin pencari.

“[Nama yang] terlalu literal atau polos hanya dapat berfungsi jika logikanya berlaku dan bisnis tidak berencana untuk berkembang atau mengubah arah dengan nama itu. Terlalu mewah, dan audiens tidak akan tahu apa artinya atau bisnis apa yang mereka geluti. Terlalu dalam, dan Anda membatasi audiens target Anda dan menyingkirkan mereka yang berada di luar bisnis inti.

Sejalan dengan itu, membuat nama dengan ejaan yang aneh atau tidak biasa juga bisa merepotkan. Nama dengan ejaan yang tidak biasa dapat menyebabkan masalah, terutama dengan pencarian online. Anda berpotensi kehilangan prospek baru jika konsumen mencoba mencari Anda secara online dan tidak dapat menemukan Anda.

Ketika Anda akhirnya menemukan nama bisnis yang sempurna, Anda belum selesai. Penting untuk melakukan penelitian ekstra tentang nama domain dan pegangan media sosial yang tersedia sebelum mendaftarkan nama bisnis Anda.

Saat memberi merek bisnis Anda, penting untuk menjaga konsistensi di semua platform media online dan sosial utama. Karena nama domain dan pegangan media sosial adalah komoditas, Anda tidak dapat berasumsi bahwa nama bisnis yang Anda inginkan akan tersedia untuk digunakan.

Tidak mungkin nama bisnis yang sempurna akan segera datang kepada Anda. Evaluasi nama untuk potensi mereka daripada memilih satu berdasarkan preferensi pribadi. Meskipun proses penamaan bisnis Anda bisa menjadi salah satu tantangan, hasil akhirnya akan sepadan dengan usaha yang Anda lakukan.

Anda harus hidup dengan [nama bisnis Anda] cukup lama, jadi itu harus menjadi sesuatu yang Anda banggakan, nyaman, dan masuk akal bagi audiens yang ingin Anda jangkau. Jangan memilih pilihan pertama Anda tanpa melakukan semacam proses untuk meneliti dan memeriksa kelayakannya di pasar Anda.