Digital Marketing untuk Usaha Kecil

(Business Lounge Journal – Marketing)

Pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini  memiliki dampak  bagi perekonomian di Indonesia dan dunia. Sehingga terjadi perubahan tren pasar, dari  pasar konvensional  ke pasar digital.

Jika Anda memiliki satu bisnis kecil atau bisnis yang baru dirintis, maka untuk dapat bertahan/survive diperlukan satu  strategi marketing yang tepat dalam menawarkan produk Anda baik secara online maupun offline.

Di masa pandemi ini banyak  bisnis-bisnis kecil yang kehilangan arah dan tidak tahu apa yang akan mereka lakukan.  Hal ini mengakibatkan pemborosan sumber daya dan berakhir pada kegagalan/kebangkrutan.

Secara fakta terdapat 20% usaha kecil ataupun perintisan mengalami kegagalan di tahun pertama dan 50% mengalami kegagalan/bangkrut  setelah menjalani bisnisnya  dua sampai tiga tahun ke depan.

Hal ini tidak akan terjadi jika pada awal memulai small business/bisnis kecil  ini, Anda telah melakukan identifikasi pasar. Anda perlu mengidentifikasi target market Anda. Sebab semenarik dan sebagus apa pun produk atau layanan dari bisnis Anda, jika produk tersebut tidak diperlukan oleh pasar, maka ujungnya akan berakhir dengan kegagalan alias bisnis kecil Anda akan mengalami gulung tikar.

Karena itu perlu untuk mengidentifikasi karakteristik utama dari target pasar Anda. Siapa mereka? Di mana mereka? Apa yang mereka inginkan dan butuhkan? Apakah bisnis Anda menyediakan produk atau layanan terkait yang dibutuhkan oleh target market Anda? Produk atau layanan apa yang diinginkan pelanggan? Apakah produk yang Anda jual dapat memenuhi kebutuhan mereka?

Tunjukkan manfaatnya kepada pelanggan. Jika diperlukan, kirimkan sample kepada pelanggan.

Selanjutnya yang Anda dapat lakukan adalah diperlukan satu strategi marketing yang efektif untuk dapat menarik konsumen. Sebagai pelaku usaha, Anda harus bisa memprediksikan ke mana arah tren market saat ini.

Kita melihat bahwa teknologi semakin berkembang dengan cepat, kita pun dapat terhubung dengan orang lain dari berbagai negara, sosial dan budaya dalam sekejap.

Karena itu kita perlu memaksimalkan potensi pemasaran digital agar bisnis kecil Anda terus berjalan dengan banyaknya pelanggan yang membeli produk Anda secara konsisten.

Sebab hampir 70% konsumen menggunakan media sosial untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Jika konsumen tidak dapat menemukan bisnis Anda melalui media sosial, mereka akan mencari pesaing Anda yang hadir di media sosial yang ada di sekitar mereka.

Digital Marketing

Berikut beberapa tren digital marketing yang efektif untuk small business:

  1. Meta

Saat ini Facebook secara resmi berganti nama menjadi Meta. Meta akan menggabungkan aplikasi dan teknologi di bawah satu perusahaan. Sebagai pelaku usaha jika ingin bisnis Anda bergerak maju, maka Anda bisa mengambil peluang dalam mempromosikan usaha Anda melalui Meta.

  1. LinkedIn

Saat ini kita melihat  LinkedIn yang semakin berkembang. LinkedIn menjadi rising star dalam ruang digital. Dari kuarter ke kuarter, platform ini memiliki peningkatan jumlah pengguna aktifnya, termasuk engagement di platform tersebut  yang terus meningkat.

LinkedIn sendiri berusaha merilis fitur-fitur baru yang membuatnya semakin menarik. Bagi pelaku bisnis, Anda perlu juga untuk  mempertimbangkan  platform ini.

 3. Influencer

Pemasaran oleh influencer di tahun 2021 berhasil mencapai nilai triliunan. Sebab influencer marketing dianggap sangat relevan terutama di masa pandemi ini. Para influencer ini membuat kampanye atas kualitas sebuah produk. Banyak perusahaan yang mengikuti strategi ini dan berhasil.

Di tahun 2022 ini, influencer tetap eksis dan akan dibutuhkan sebagai bagian strategi digital marketing. Pemasaran dari influencer sendiri bisa dilakukan  di Instagram, Youtube, Facebook dan platform media sosial  lainnya.

  1. Chatbots

Fitur Chatbots adalah fitur percakapan otomatis yaitu layanan pesan instan dengan menggunakan bantuan robot atau tokoh virtual untuk menjawab chat dari  para pelanggan/customer. Di tahun 2022 ini, Chatbots akan tetap digunakan sebagai salah satu bagian dalam  pemasaran melalui digital marketing.

 5. Video Marketing

Video merupakan salah satu  senjata terbaik dalam strategi pemasaran. Seperti  You Tube, Tik Tok, dll.

YouTube telah menciptakan konten video yang bagus yaitu video dengan sequential storytelling. Ini akan menjadi iklan yang sangat  efektif.

Tik Tok menggunakan style yang fun, cepat, dan energik. Video Tik Tok ini singkat dan menjelaskan akan suatu hal dengan gerakan crazy dance, jingle kocak, atau prank usil.

Manfaatkanlah tren digital marketing ini untuk keuntungan bisnis Anda.

Dari beberapa strategi digital marketing di atas, Anda dapat memanfaatkan tren pemasaran digital untuk dapat diaplikasikan dalam bisnis Anda.

Silahkan memilih dan melakukan kampanye pemasaran yang efektif melalui digital marketing untuk bisnis Anda. Sukses selalu!