Bagaimana Menerapkan Strategi Samudra Biru

(Business Lounge Journal – General Management)

Melanjutkan apa yang sudah kita bahas sebelumnya (baca: Strategi Blue Ocean: Menciptakan Pasar Anda Sendiri), kita akan membahas bagaimana buku Kim dan Mauborgne menyarankan untuk mengambil langkah-langkah berikut untuk menerapkan strategi samudra biru:

1. Cari tahu titik awal untuk memperkenalkan penawaran baru Anda dan pekerjakan karyawan yang akan membantu Anda membangun tim dan identitas merek yang paling kuat.
2. Nilailah kekuatan dan kelemahan tim Anda saat ini, dan tentukan cara meningkatkannya.
3. Identifikasi titik kritis yang mungkin dimiliki pelanggan Anda saat ini dan pelanggan baru.
4. Kembangkan produk dan layanan yang mengatasi masalah ini dengan cara yang tidak seperti bisnis lainnya.
5. Tulis rencana formal untuk shift Anda dan uji produk dan layanan baru Anda (dan proses yang akan Anda lakukan untuk mencapainya).

Pastikan juga untuk melakukan analisis SWOT untuk membantu anggota tim Anda mengembangkan kekuatan mereka dan meningkatkan pengembangan pribadi mereka, menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.

Contoh strategi samudra biru:
Strategi samudra biru mungkin sudah tidak asing terdengar, beberapa bisnis telah berhasil menggunakannya selama beberapa waktu – bahkan sebelum Kim dan Mauborgne menamai pendekatan tersebut. Berikut adalah tiga contoh.

Ford
Ketika perusahaan otomotif ternama Ford meluncurkan seri Model T yang sekarang legendaris, sebagian besar produsen menyesuaikan mobil dengan kebutuhan setiap pembeli. Pendekatan ini menyebabkan harga tinggi dan kualitas yang tidak konsisten. Sebaliknya, Model T datang hanya dalam satu warna dan model untuk setiap pelanggan. Kurangnya penyesuaian menyebabkan harga yang lebih rendah dan kualitas yang lebih konsisten. Pendekatan Ford menjadi dasar dari industri otomotif modern.

Nintendo
Ketika Nintendo memperkenalkan Wii pada tahun 2006, perusahaan menghindari persaingan dengan Xbox dan Playstation pada grafik. Sebaliknya, Nintendo memprioritaskan gameplay kontrol gerak nirkabel yang tidak tersedia di sistem lain. Begitulah cara Nintendo memperkenalkan game fisik yang lebih interaktif seperti seri Wii Sports. Popularitas game – serta konsol – tumbuh pesat.

Netflix
Netflix telah berhasil menggunakan model samudra biru dua kali. Reed Hastings dan Marc Randolph mendirikan perusahaan tersebut sebagai bisnis penyewaan DVD pesanan melalui pos pertama pada tahun 1997. Tentu saja, Netflix akhirnya memperkenalkan model TV streaming yang menembus hampir setiap aspek kehidupan modern. Dalam kedua kasus tersebut, strategi tersebut membuahkan hasil dan menjadikan Netflix nama yang terkenal di tingkat Walmart atau Amazon.

Menemukan samudra biru
Sementara mereka menghindari menyebutkan nama Michael E. Porter dari Harvard Business School, Kim dan Mauborgne menyerang analisis pasar lima kekuatannya yang terkenal secara langsung. Model Porter melihat faktor-faktor spesifik yang membantu menentukan apakah suatu bisnis dapat menguntungkan berdasarkan bisnis lain dalam industri tersebut. Pendukung strategi Kim dan Mauborgne akan mengatakan taktik ini mempromosikan persaingan tanpa ampun, tetap berada di samudra merah.

Kunci kesuksesan bisnis yang luar biasa, kata Kim dan Mauborgne, adalah mendefinisikan kembali persyaratan persaingan dan bergerak ke samudra biru, di mana Anda memiliki air untuk diri Anda sendiri. Tujuan dari strategi ini bukan untuk mengalahkan kompetisi, tetapi untuk membuat kompetisi menjadi tidak relevan.

Untuk menemukan samudra biru yang sulit dipahami, Kim dan Mauborgne merekomendasikan untuk mempertimbangkan apa yang mereka sebut “kerangka kerja empat tindakan” untuk merekonstruksi elemen nilai pembeli dalam menyusun kurva nilai baru. Kerangka tersebut mengajukan empat pertanyaan kunci.

Naikkan: Faktor apa yang harus dinaikkan jauh di atas standar industri?
Reduce: Faktor-faktor apa yang dihasilkan dari persaingan dengan industri lain dan dapat dikurangi?
Eliminasi: Faktor-faktor apa yang telah lama dikompetisikan oleh industri yang harus dihilangkan?
Buat: Faktor apa yang harus diciptakan yang belum pernah ditawarkan industri?

Latihan ini memaksa perusahaan untuk memeriksa setiap faktor persaingan, membimbing para pemimpin untuk menemukan asumsi yang mereka buat secara tidak sadar saat bersaing. Mereka kemudian dapat mencari samudra biru dalam industri mereka dan membuat perubahan.

Pict: Marek Okon