Strategi Blue Ocean: Menciptakan Pasar Anda Sendiri

(Business Lounge Journal – General Management)

Strategi samudra biru mendorong penyesuaian produk Anda untuk mendorongnya ke pasar mereka sendiri dengan harga rendah dan tanpa persaingan. Banyak bisnis rumah tangga telah mencapai status mereka saat ini melalui strategi samudra biru, tetapi pendekatannya bisa berisiko. Untuk menerapkan strategi samudra biru, kembangkan tim Anda saat ini dan identifikasi masalah yang hanya ditangani oleh bisnis Anda.

Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis yang tertarik untuk menciptakan pasar mereka sendiri daripada bersaing. Katakanlah produk dan layanan yang Anda tawarkan tidak memungkinkan Anda untuk memenuhi sasaran pendapatan Anda. Bagaimana jika Anda dapat mengetahui cara mengubah produk dan layanan Anda untuk menjadikannya industri mereka sendiri?

Inilah tepatnya yang disarankan oleh strategi samudra biru dan kita akan mengeksplorasi bagaimana menciptakan pasar Anda sendiri telah membantu banyak bisnis tumbuh dan berbagi bagaimana bisnis Anda juga dapat memperoleh keuntungan.

Apa strategi samudra biru?
Strategi samudra biru adalah tentang membantu perusahaan Anda mendapatkan ruang pasar yang tidak terbantahkan yang terpisah dari bisnis lain yang serupa. Ruang-ruang baru ini digambarkan sebagai “samudra biru” – sebuah istilah yang dimaksudkan untuk kontras dengan perjuangan untuk bertahan hidup di “samudra merah” berdarah yang dipenuhi dengan persaingan yang kejam.

Strategi samudra biru merepresentasikan pengejaran simultan terhadap diferensiasi produk yang tinggi dan biaya rendah, sehingga membuat persaingan menjadi tidak relevan. Strategi samudra biru ini mendorong Anda untuk berinovasi dan mengembangkan produk baru yang terjangkau yang membuat persaingan menjadi tidak relevan.

Nama “strategi samudra biru” berasal dari buku Blue Ocean Strategy: How to Create Uncontested Market Space and Make Competition Irrelevant. Profesor W. Chan Kim, yang ikut menulis buku tersebut dengan Renee Mauborgne, menjelaskan konsep tersebut dalam artikel di Forbes yang mengatakan: “Studi kami menunjukkan bahwa strategi samudra biru sangat dibutuhkan ketika pasokan melebihi permintaan di pasar. Situasi ini berlaku untuk semakin banyak industri saat ini dan akan menjadi lebih umum di masa depan.”

Pro dan kontra dari strategi samudra biru
Strategi samudra biru mungkin menguntungkan bisnis Anda atau mungkin secara tidak sengaja menghambat operasi Anda. Lihat pro dan kontra samudra biru untuk memutuskan apakah strateginya tepat untuk Anda.

Kelebihan dari strategi samudra biru
Ini adalah beberapa manfaat dari strategi samudra biru:

1. Anda menghindari pasar yang jenuh. Bisnis kecil Anda harus bersaing dengan perusahaan besar dan pemain besar lainnya di bidang Anda. Tetapi jika Anda mengadopsi strategi samudra biru, produk Anda tidak akan seperti yang lain sambil tetap memenuhi kebutuhan pelanggan dengan harga terjangkau. Anda akan berakhir tanpa persaingan dari nama-nama besar yang kuat di bidang Anda.
2. Ini memperkenalkan potensi pertumbuhan. Mengikuti rute samudra biru berarti menyeimbangkan inovasi produk atau layanan dengan biaya dan utilitas, menciptakan nilai baru bagi pelanggan Anda. Karena semakin banyak pelanggan yang membeli apa yang Anda jual, iklan dari mulut ke mulut dapat meningkatkan permintaan.
3. Anda akan bertemu pelanggan di level mereka. Nilai dan keterjangkauan sama pentingnya dalam pemikiran samudra biru. Anda akan selalu memperkenalkan inovasi Anda pada titik harga yang dapat diakomodasi oleh pelanggan target Anda. Pendekatan ini menurunkan hambatan audiens Anda untuk membeli apa yang Anda jual.

Kontra dari strategi samudra biru
Ini adalah beberapa kelemahan dari strategi samudra biru:

1. Mungkin terlalu ambisius. Logika di balik strategi samudra biru menyiratkan bahwa bisnis apa pun dapat menghasilkan produk atau layanan yang terjangkau dan bebas persaingan. Pada kenyataannya, tidak selalu mudah untuk menjadi inovatif ini. Bahkan jika Anda memiliki ide bagus, kendala di dunia nyata dapat menghalangi Anda mewujudkannya.
2. Ini mungkin terlalu berisiko. Mungkin Anda telah menemukan cara untuk membuat produk yang benar-benar unik tanpa menetapkan harga yang absurd. Mungkin Anda sampai di persimpangan ini karena orang-orang di ceruk bisnis kecil Anda akan membeli dari bisnis Anda. Tetapi bagaimana jika hanya orang-orang ini yang tertarik dengan penawaran Anda? Jika itu masalahnya, pendekatan samudra biru tidak perlu membatasi Anda.
3. Ini mungkin tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang. Inovasi menghasilkan peniru, yang berarti samudra biru dapat dengan mudah menjadi samudra merah seiring waktu. Bahkan jika strategi samudra biru terasa ideal untuk bisnis Anda saat ini, hal itu bisa saja tidak mungkin dilakukan dalam jangka panjang.