(Business Lounge Journal – Marketing)
Tahukah Anda bahwa sistem limbik dapat dirangsang dari luar? Dari apa yang dibaca, dilihat, dirasa, dan didengar dapat mempengaruhi sistem limbik. Sebagaimana kita ketahui, sistem limbik sangat berhubungan dengan emosional, yaitu sebagai pusat emosi manusia yang berperan dalam pengambilan keputusan. Sebenarnya rata-rata manusia sangat lemah dalam pengambilan keputusan dan mudah dipengaruhi dalam proses pengambilan keputusannya. Hal ini menjadi peluang bagi penjual untuk memenangkan pasar.
Metode menjual masa kini harus memperhitungkan hal ini. Ilmu mengenai otak telah banyak dipelajari dan neuroscience membuktikan bahwa apapun yang dilakukan manusia sangat berhubungan dengan otaknya. Respons manusia terhadap rangsang dari luar dapat menjadi biasa saja atau sebaliknya luarbiasa. Itu sebabnya ilmu neuroscience dalam marketing dan sales semakin berkembang.
Memang ada banyak cara untuk melakukan promosi dan marketing. Salah satunya adalah dengan penggunaan Sale Slogan. Sale Slogan sangatlah penting untuk diperhatikan dan merupakan sesuatu yang memerlukan kreativitas. Penjualan tidak bisa meningkat bila Anda tidak mempengaruhi pembeli Anda. Membuat Sale Slogan yang tepat adalah sesuatu dapat membuat calon pembeli membaca lalu dengan sendirinya akan termotivasi untuk membeli.
Sebagai contoh sebuah toko di Amerika bernama Marshall yang berada di bawah TJX Companies, adalah toko yang rajin mengganti slogan-slogannya secara berkala dan memajangnya di toko. Beberapa Sale Slogan mereka contohnya adalah:
- Exceptional Pieces, Perfect Prices
- Unleash the savings
- Price that WOW
Sale Slogan ini membuat setiap orang yang masuk ke toko merasa beruntung , merasa bisa berhemat bila bisa mendapatkan barang bagus dengan harga murah dan setiap kali membeli selalu merasakan hal sama, akhirnya membentuk ikatan emosional antara toko dengan pembeli. Pembeli sulit berpindah hati ke toko lain.
Contoh lain yang sering ditemui adalah slogan seperti ini: “Hurry up, when it’s gone, it’s gone!” atau “Limited time offer! Hurry up!”. Slogan seperti ini masuk ke pikiran pembeli, tepatnya ke sistem limbik dan mendorong mereka untuk membeli segera sebelum barang yang diincar diambil orang lain atau sebelum waktu diskon berakhir. Di Indonesia sendiri, situs-situs penjualan online sering menggunakan sale slogan, seperti misalnya: “Flash sale, hanya hari ini! “ Atau “Mau yang bebas ongkir? Di sini tempatnya!”. Slogan seperti ini mampu mempengaruhi pengambilan keputusan calon pembeli. Dari tidak butuh barang, akhirnya beli barang karena rasa rugi kalau melewatkan kesempatan flash sale. Atau orang yang merasa ongkir kemahalan akan pindah hati ke toko online yang bebas ongkir karena memang terbukti bebas ongkir itu penghematan yang disukai.
Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dipraktekkan dalam membuat sale slogan yang baik:
- Sale Slogan yang attractive, eye catching
Buatlah Sale Slogan disertai warna dan gambar yang menarik sebagai upaya orang melirik dan mau membacanya.
- Buatlah kata-kata yang ringan dan menyentuh emosional, menyentuh sistim limbik sehingga begitu dibaca pikiran terpengaruh.
- Buatlah mudah diingat dan letakkan di beberapa posisi ditoko atau diulang-ulang dalam iklan, pesan sosial media agar calon pembeli ingat dan menjadi top of mind.
Selamat mencoba! Semoga penjualan Anda meningkat!
dr. Vera Herlina,S.E.,M.M/VMN/BL/Partner of Management & Technology Services, Vibiz Consulting