(Business Lounge Journal – Manage Your Business) Berpikir out of the box juga sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis Anda tahun ini. Hal ini sangat berkaitan dengan berinovasi. Seperti pernah dibahas sebelumnya bagaimana seorang David Ghysels mengajukan konsep makan di udara kepada kliennya yang kemudian karena keterbatasan kemampuan maka tidak dapat merealisasikannya.
Merasa ‘sayang’ untuk menguburkan impian tersebut maka ia pun bekerja sama dengan seorang rekannya yang berkecimpung dalam bisnis crane dan kemudian merealisasikannya. Maka terciptalah sebuah bisnis baru yang tidak biasa. Dengan anggapan bahwa orang mulai bosan makan di restoran sebagai mana biasanya, maka dengan berpikir out of the box maka David mengatakan bahwa ia mendorong idenya sampai pada batasnya, dan langit adalah batasnya.
Selama 8 tahun berlangsung, acara ini telah diadakan lebih dari 1000 kali pada 45 negara. (Baca: Dinner in The Sky, Merambah Hingga 45 Negara).
Tidak sampai di situ, bisnis ini terus berkembang hingga acara makan di langit dapat diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin menyelenggarakan acara yang spesial bahkan menjadi ajang promosi untuk me-launching produk.
Masih juga tidak berhenti, bisnis ini terus berkembang hingga mereka yang ingin menyelenggarakan pertemuan bisnis, acara keluarga, acara khusus yang disertai pertunjukan musik, bahkan pernikahan dapat dilangsungkan di udara. Tentu saja bukan harga yang murah untuk dapat merealisasikan sebuah impian. dibutuhkan dana hingga lebih dari 150 juta per orang yang akan ikut naik ke atas pada acara makan di langit belum termasuk biaya untuk makan. Namun demikian berbagai perusahaan raksasa dunia tidak ragu untuk menggunakan jasa yang ditawarkan David ini.
David memulai bisnisnya ketika ia mulai berpikir out of the box. Ia memikirkan sesuatu yang tidak biasa dan merealisasikannya sehingga membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin.
Berpikir Out of the Box
Masa ini, persaingan bisnis akan terus terjadi bahkan semakin meningkat. Semua akan berlomba untuk menghasilkan yang lebih dari pesaingnya untuk mempertahankan bahkan merebut pelanggannya. Anda tidak dapat berjalan hanya dengan apa yang Anda miliki saat ini. Sebab itu hanya akan membuat Anda tersingkir dari arena pertandingan. Karena itu Anda membutuhkan inovasi dan inovasi hanya akan dapat Anda lakukan bila Anda dapat berpikir di luar dari kerangka yang ada.
Cobalah posisikan diri Anda menjadi seorang pelanggan dan datalah apa yang paling diinginkan oleh seorang pelanggan. Pelayanan yang istimewa, ya tentu saja. Hal ini mencakup kecepatan dan ketepatan. Jika semua pemilik bisnis memikirkan hal yang sama maka di sinilah pentingnya untuk melakukan inovasi.
Misalnya saja sebuah jasa aplikasi tansportasi A yang menawarkan jasa transportasi. Ketika aplikasi si pelanggan disetujui oleh seorang pengemudi dan si pelanggan mendapatkan konfirmasi siapa nama dan nomer telepon si pengemudi, tentu ini merupakan sesuatu yang membuat pelanggan puas. Namun jasa aplikasi transportasi B memikirkan hal yang berbeda, ia tidak hanya memberikan nama dan nomer telepon tetapi juga posisi si pengemudi sehingga si pelanggan dapat memantau keberadaan si pengemudi. B menawarkan layanan yang lebih yangtentu saja akan mempengaruhi pilihan pelanggan kemudian.
Ini Zaman Berbisnis Out of the Box
Memulai tahun yang baru, apakah Anda sudah berpikir out of the box? Jika belum, maka inilah waktu yangtepat untuk melakukannya. Coba deskripsikan model bisnis yang saat ini Anda miliki dan cobalah untuk me-review model bisnis para pesaing Anda dan coba bandingkan kelebihan Anda dan para pesaing Anda. Jika ternyata si pesaing memiliki lebih maka penting bagi Anda untuk segera berpikir out of the box.
Jika Anda sudah memiliki lebih, maka tetap bagi Anda untuk berpikir out of the box. Pikirkanlah bahwa Anda memiliki dua belas bulan dan petakanlah inovasi apa yang dapat Anda lakukan selama 12 bulan ke depan. Belum terlambat untuk mulai merumuskannya sekarang.
Ruth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group