(Business Lounge Journal – Manage Your Business) Momen Natal selalu menjadi saat yang baik untuk menghasilkan uang. Kesempatan ini pun tidak akan dilewatkan oleh banyak perusahaan mulai dari perusahaan ritel, berbagai usaha ecommerce, industri makanan, mainan anak, fashion, maskapai penerbangan, bahkan hingga perusahaan asuransi. Namun dari sisi konsumen, maka ini juga merupakan momen yang tepat untuk memanfaatkan penawaran yang baik sesuai dengan kebutuhan mereka.
Berikut adalah beberapa penawaran yang dapat Anda sediakan untuk menarik para pelanggan Anda.
Potongan Harga
Ini suatu yang wajib diberikan di akhir tahun. Memberikan potongan harga bukanlah sesuatu yang baru saja Anda pikirkan, namun seharusnya telah diperhitungkan sejak perencanaan bisnis tahunan. Bagaimana Anda akan memperhitungkan pendapatan Anda setahun lalu bagaimana Anda akan memperhitungkan potongan harga yang akan Anda tawarkan pada akhir tahun.
Berbagai strategi potongan harga kerap kali ditawarkan mulai dari potongan harga secara bulat hingga potongan harga tambahan apabila membeli barang dalam jumlah tertentu.
Free Membership
Apabila Anda menawarkan sistem keanggotaan maka momen Natal adalah momen yang tepat untuk menawarkan free membership untuk keanggotaan satu tahun mendatang. Hal ini akan sangat menarik bagi mereka yang sedang memiliki perencanaan untuk tahun yang baru.
Member Get Member Program
Jangan lupakan bahwa pelanggan Anda adalah orang yang paling tepat untuk melakukan promosi sebab mereka sudah sangat mengenal siapa Anda. Percayakanlah mereka untuk menjadi perpanjangan tangan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan yang baru. Namun Anda harus memberikan penghargaan khusus bagi mereka seperti memberikan potongan harga keanggotaan, atau pun memberikan point rewards.
Waktunya Memberikan Fasilitas Terbaik Anda
Natal selalu identik dengan waktu berlibur bersama dengan keluarga. Tidak ada salahnya untuk memberikan voucher menginap atau pun santap bersama yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota keluarga. Namun tentu saja bagi para pelanggan yang memenuhi kualifikasi tertentu, atau pun bagi para pelanggan baru Anda yang baru saja bergabung.
Voucher Potongan Harga
Tidak ada salahnya juga untuk membagi-bagikan voucher potongan harga melalui media sosial. Ini akan menggiring lebih banyak lagi pelanggan yang akan datang pada toko Anda dan tidak menutup kemungkinan untuk menjadi pelanggan setia Anda.
Pilihan lainnya adalah memberikan voucher yang dapat digunakan oleh pelanggan Anda selama beberapa periode ke depan. Hal ini akan menjadi sangat menarik.
Beli Sekarang untuk Tahun Depan
Momen ini juga dapat dimanfaatkan oleh maskapai penerbangan untuk menawarkan harga murah yang dapat dibeli saat ini namun dipergunakan tanggal tertentu di tahun depan. Jika harga ini sangat menarik, maka akan banyak mereka yang tidak segan-segan merogoh koceknya untuk mendapatkan harga terbaik sambil merencanakan libur di tahun depan.
Namun demikian, kembali lagi bahwa hal ini bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan dalam waktu sekejap, melainkan dipikirkan sejak awal tahun.
Bilamana Anda terlewat pada tahun ini, bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya untuk tahun depan. Masih ada kesempatan untuk merencanakannya bagi bisnis Anda tahun depan.
Ruth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group