(Business Lounge Journal – Empower People) Ada beberapa hal yang menarik di tengah-tengah dunia kerja yang selalu dinamis. Tahukah Anda hal apakah menarik untuk diperhatikan? Begitu seringnya saya memasuki kantor demi kantor untuk meeting, training, dan lainnya, maka saya dapat merasakan suatu perbedaan yang menarik. Apakah itu? Nuansa!
Berbeda dan Bermakna
Setiap kali Anda masuk ke dalam suatu kantor tertentu, Anda akan bertemu suasana yang berbeda, ambiens yang tidak pernah sama satu dengan yang lain, kebiasaan-kebiasaan yang berbeda, cara berpakaian yang juga beragam dan memiliki kekhasan masing-masing. Tanpa disadari, budaya perusahaan akan tercermin dalam banyak hal mulai dari exterior, interior, kebiasaaan, prilaku, cara berpakaian, dan lainnya ternyata memberi warna pada semangat kerja karyawan.
Jika yang Anda masuki adalah sebuah bank maka suasana formal, rapi, dan teratur akan terasa begitu Anda memasuki ruangan utama. Beberapa bank asing bernuansa lebih santai dan modis daripada bank lokal Indonesia. Lain lagi jika Anda memasuki sebuah kantor berita, tidak ada suasana formal, semua memakai pakaian casual dan suasana terasa santai namun tetap bekerja.
Warna pakaian dan seragam juga berpengaruh. Seragam memberikan semangat, mencerminkan value serta menggambarkan aspirasi perusahaan. Di Jepang, warna putih dan hitam mendominasi pakaian karyawan, selain itu warna lain adalah biru dan coklat. Tidak tampak warna lain yang cerah dan berwarna-warni untuk pekerja kantoran di Jepang. Melihatnya saja kita tahu bahwa para karyawan Jepang adalah orang yang serius dan berkomitmen dalam bekerja. Waktu kerja adalah waktu serius dan bukan waktu bermain-main. Kesan ini pasti akan tampak di mana pun Anda melihatnya. Mungkin terlihat kaku, tapi mampu memicu kerja keras dalam diri setiap karyawannya.
Pada sebuah kantor, saya bertemu dengan pegawai berseragam merah dan semua yang mengenakannya nampak cerah ceria. Para wanita di kantor tersebut berdandan sangat cantik seperti mau ke pesta. Rupanya ini adalah perusahaan kosmetik yang menampakkan kecantikan, kerapihan, keceriaan dalam industrinya, dan demikian pula tergambar dalam produk-produk yang dijualnya. Memasuki hotel pun lain lagi suasananya. Tergantung jenis hotelnya, hotel di area bisniskah atau di area shopping mall, semuanya memiliki cara berbeda mempresentasikan diri mau seperti apa.
Sentuhan yang Memberi Spirit
Di sini saya menyadari bahwa nuansa memberikan “spirit” kerja yang bermakna. Jika budaya tersebut hidup maka dapat diterjemahkan dalam semua nuansa mulai dari ruangan kerja, prilaku kerja, warna perusahaan, dan sebagainya. Hal ini akan hidup dalam spirit setiap karyawannya. Beberapa perusahaan yang tadinya memiliki logo perusahaan dengan latar belakang berwarna gelap, kini banyak yang berubah menggunakan warna-warna terang. Memang warna terang lebih terasa menghidupkan dan berkesan bersemangat!
Tidak ada salahnya untuk sedikit melakukan perubahan nuansa di kantor, memberikan ambiens yang berbeda untuk suasana yang baru tercipta. Perubahan ini tidak harus permanen, bisa saja sifatnya eventual, sewaktu-waktu diperlukan. Bisa juga memanfaatkan hari-hari raya untuk menciptakan suasana baru.
Ayo hidupkan semangat kerja kembali di akhir tahun ini!
Vera Herlina/VMN/BL/CEO of Management Soft Skill Academies Vibiz Consulting Group