(Business Lounge – Dominate the Market) Berbagai cara dilakukan banyak perusahaan untuk mempublikasikan dirinya. Mulai dari direct marketing hingga menggunakan sosial media yang saat ini dinilai sangat efektif. Mulai dari menggunakan media cetak juga sampai menggunakan papan billboard raksasa. Apapun medianya, yang menjadi tujuan utama adalah mempublikasikan diri.
Setelah berbagai ajang publikasi diri di atas, maka banyak perusahaan memanfaatkan berbagai acara publikasi dengan tujuan memenangkan hati sebanyak-banyaknya masyarakat. Salah satunya dengan berbagai acara massal seperti acara-acara CSR (Corporate social responsibility) yang diadakan sebagai sisi sosial dari sebuah perusahaan. Memiliki maksud sosial namun demikian tetap saja mengandung unsur-unsur publikasi.
Zaman berkembang terus hingga kini berbagai cara dilakukan perusahaan untuk dapat menarik perhatian publik. Untuk itu dibutuhkan sebuah kreativitas untuk menciptakan berbagai media perantara. Tidak hanya papan billboard yang menarik, tidak lagi iklan televisi, tidak lagi viral video, dan sebagainya. Tetapi apa yang menarik dan yang dapat memancing rasa excited publik. Misalnya saja ajang Color Run yang saat ini tidak asing lagi di banyak kota dan negara. Acara berlari masal yang kemudian di sepanjang jalan peserta akan dilempari dengan sejenis bubuk berwarna-warni. Maka akan tercipta sebuah keceriaan tersendiri dan tentu saja menjadi ajang berfoto bersama. Siapa pun boleh mengikutinya dengan menggunakan berbagai atribut yang diberikan si penyelenggara. Maka sudah dapat dipastikan bahwa nama si penyelenggara pun akan dikenal oleh seluruh peserta.
Acara ini merupakan sebuah acara lomba lari 5 km yang terinspirasi festival Hindu Holi. Pad awalnya terselenggara di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, Selandia Baru, Australia, dan Uni Emirat Arab. Para peserta kemudian akan ditaburi bubuk berwarna yang dapat terbuat dari food grade pati jagung. Kemungkinan tidak akan dipilih siapa yang memenangkan perlombaan ini. Pada beberapa tempat telah ada badan yang memiliki lisensi untuk menyelenggarakan acara ini, namun dapat bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar sebagai ajang promosi.
Crazy Hair Day
Ada lagi acara menarik lainnya yang diadakan sebagai ajang promosi di tengah-tengah para siswa. Seperti yang diselenggarakan oleh beberapa badan amal, ataupun lembaga pendidikan seperti crazy hair day yang mewajibkan pesertanya untuk datang dengan berbagai inovasi pada rambutnya. Hal ini mengundang minat dan perhatian publik untuk dapat datang dan berpartisipasi di dalamnya. Seperti salah satu crazy hair day yang diadakan di salah sekolah di Amerika.
Membidik lembaga pendidikan sebagai pangsa pasarnya maka berbagai sekolah pun ikut mengambil bagian untuk mempublikasikan dirinya.
Pada masa sekarang ini, untuk menarik perhatian publik, memang membutuhkan suatu terobosan yang penuh dengan kreativitas. Hal ini akan menarik perhatian publik sehingga si penyelenggara pun akan mendapatkan tempat di masyarakat.
citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : wikipedia, cctvnews