Biaya Tenaga Kerja, Salah Satu Pencetus Evolusi Manufaktur Mobil

(Business Lounge – Global News) Jatuhnya biaya robot cerdas dapat membantu memindahkan kembali beberapa pekerjaan manufaktur mobil dari lokasi manufaktur dengan biaya murah seperti Tiongkok kembali ke pabrik di Jerman dan Amerika Utara, demikian dikatakan Donald Walker, Chief Executive dari pemasok auto Magna, seperti dilansir oleh Reuters.

Sebelumnya seperti telah kita ketahui bagaimana para produsen mobil mengambil lokasi pabrik pada negara-negara yang memiliki upah tenaga kerja yang murah. Namun pada kenyataannya hal ini tidak selamanya dapat terus berlangsung oleh karena biaya yang meningkat serta kendala yang dihadapi untuk mengirimkan bagian-bagian mobil yang memiliki ukuran cukup besar dan berat.

Meningkatnya Upah Tenaga Kerja dan Biaya Pengiriman

Meningkatnya upah di Tiongkok dan biaya impor komponen berat seperti baterai mobil listrik ke Eropa dapat menyebabkan produsen mobil yang sudah mapan, menjajaki manufaktur otomatis yang lebih sangat efisien dan dapat dilakukan dekat dengan negara asal, demikian dikatakan Walker dalam sebuah wawancara di Frankfurt auto show. Walker juga mengatakan bahwa telah terjadi evolusi kerja perakitan dalam bisnis manufaktur mobil. Namun permasalahannya adalah seberapa cepat robot cerdas dapat menggantikan tenaga kerja manual di pabrik-pabrik di dunia.

“Masalah yang lebih besar adalah seberapa cepat Anda telah robotika cerdas menggantikan tenaga kerja manual di mana-mana di dunia,” demikian dikatakan Walker seperti dilansir oleh Reuters.

Perkiraan Menurunnya Biaya Manufaktur

Pada tahun 2025 total biaya tenaga kerja manufaktur diperkirakan akan turun antara 18 dan 33 persen di negara-negara yang sudah menggunakan robot industri, termasuk Korea Selatan, Tiongkok, AS, Jerman, dan Jepang, demikian menurut studi tentang teknologi manufaktur lanjutan oleh Boston Consulting Group.

Munculnya mobil hybrid dan mobil listrik berarti perusahaan produsen mobil telah melihat adanya peningkatan permintaan untuk baterai besar, demikian dikatakan oleh Walker. “Jika Anda melihat baterai, itu adalah hal yang berat dan besar untuk dapat dikirimkan. Benda-benda yang menyangga baterai seperti bumper, roda, juga merupakan bagian-bagian yang besar,” demikian dikatakan Walker.

“Saya pikir Anda masih akan melihat mobil yang dibuat di pasarnya, dan berdasarkan itu, bagian-bagian yang memiliki ukuran yang besar-besar dan banyak teknologi di sana, mungkin akan dibuat secara lokal,” demikian dikatakan Walker.

Chintya Indah/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana
Image: wikipedia

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x