(Business Lounge – Dominate the Market) Media sosial yang ada saat ini merupakan salah satu tempat yang cukup efektif untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan jasa. Namun sayangnya, banyak pengguna tidak memanfaatkan layanan pada media sosial secara maksimal.
Hal ini dapat dilihat dari cover foto dan header image di media sosial yang seringkali dibuat ‘asal-asalan’. Padahal, cover foto dan header image-lah yang pertama kali dilihat pengunjung ketika mendarat di media sosial, baik Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, Google+, dan media sosial lainnya.
Ketika Anda telah memiliki design yang cukup pas untuk ditampilkan di media sosial, maka hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran gambar itu sendiri. Tiap-tiap media sosial memiliki ukuran gambar tersendiri. Ukuran cover foto pada Facebook tentu berbeda dengan Twitter, juga dengan Google+ ataupun dengan Instagram.
Berikut beberapa ukuran gambar yang dapat digunakan pada media sosial (untuk hasil lebih maksimal, kami sarankan menggunakan jasa designer profesional) :
– Facebook
Cover photo: 851 x 315
Profile photo: 180 x 180
– Twitter
Header image: 520 x 260
Profile image: 81 x 81
– Google+
Cover photo: 2120 x 1192
Profile photo: 270 x 270
– LinkedIN
Cover photo: 646 x 220
Profile photo: 100 x 60
– Pinterest
Profile Photo: 160 x 165
– Instagram
Profile Photo: 110 x 110
YouTube
Cover Art: 2560 x 1440
Cover Art Safe Area: 1546 x 423
Setelah menggunakan ukuran gambar yang tepat, baik pada cover maupun header, diharapkan media sosial yang Anda gunakan akan menjadi lebih rapi dan meningkatkan kepercayaan customer atau calon customer terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.
Selamat mencoba!

Lidia Wulan/VMN/BL/Head of Vibiz Internet Marketing Academy
Editor: Ruth Berliana

