7 Tips Menyempurnakan Program Digital Marketing

(Business Lounge – Dominate The Market) Memiliki bisnis yang sudah dijalankan secara online tentunya sangat membantu dalam meningkatkan penjualan sebuah produk atau layanan jasa. Namun sama halnya dengan bisnis yang dijalankan secara offline, bisnis yang dijalankan secara online pun harus terus menerus dievaluasi guna meningkatkan strategi marketing yang bergerak sangat cepat saat ini.

Setiap hari, seorang marketer sejatinya harus meningkatkan keterampilan program digital marketing mereka, apakah itu melalui pembuatan sales letter baru, atau pun melalui kampanye sosial untuk meningkatkan penjualan terhadap produk dan layanan jasa yang dimiliki.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menyempurnakan program digital marketing :

1. Kenali pasar
Mengidentifikasi target pasar sangat penting dilakukan untuk memulai penilaian Anda. Ini harus mencakup definisi yang jelas dari persona yang paling mungkin untuk membeli produk yang ditawarkan. Hal ini juga penting untuk menganalisa database yang ada dan melihat berapa banyak prospek yang sesuai dengan persona Anda.

2. Mengembangkan Pipeline
Analisa pipeline telah lama menjadi domain dari pemasar B2B dengan tim penjualan, tapi juga dapat dilakukan dalam lingkungan B2C. Meningkatkan perhatian ke daerah ini dapat menghemat banyak waktu dan energi untuk berpromosi.

3. Be content-ready
Dalam rangka mendapatkan hasil yang maksimal dari konten, kami sarankan untuk Anda menyiapkan konten yang siap pakai dan juga relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini tentunya dapat mempermudah seseorang menemukan website Anda.

4. Terlibat dengan Audiens
Bagaimana caranya untuk bisa terlibat dengan pelanggan dan prospek? Anda tidak bisa menjual apa pun kepada siapa pun jika mereka tidak terlibat dan menanggapi komunikasi yang Anda bangun. Periksa keterlibatan email Anda untuk melihat komunikasi yang Anda bangun.

Hal ini juga berlaku pada penggunaan media sosial, Anda harus membangun komunikasi yang baik di media sosial, sehingga pelanggan dan calon pelanggan dapat mempercayai apa yang Anda tawarkan itu penting dan berguna bagi mereka.

5. Mengambil keuntungan dari teknologi yang ada saat ini
Ada banyak tools digital marketing yang bisa digunakan, namun tidak banyak marketer yang menggunakan kemampuan tools-tools tersebut dengan maksimal. Jika Anda ingin berhasil dalam strategi digital marketing,  perlu kekuatan platform digital marketing, ditambah kreatifitas dan kecerdasan untuk dapat memanfaatkan teknologi yang ada serta mendorong efesiensi dalam sistem pemasaran.

Jadi, ambil waktu sejenak untuk mengevaluasi platform digital yang Anda gunakan saat ini, serta tingkatkan keahlian Anda di masing-masing area. Review kembali semua fitur dan fungsi yang disediakan.

6. Maksimalkan kegunaan smartphone
Bagaimana smartphone dapat terlibat dengan audiens Anda? Lebih dari 50 persen email yang ada saat ini dibuka melalui perangkat mobile, salah satunya adalah smartphone. Smartphone saat ini merupakan teknologi komunikasi yang cukup dominan digunakan, untuk itu penting sekali menggunakan desain email yang responsif atau biasa juga disebut email-friendly.

Perlu dipikirkan apakah Anda perlu untuk mengupdate templete email Anda menjadi lebih simple dan mudah untuk di navigasi sehingga pengguna perangkat layar kecil tetap dapat multitasking ketika mereka membaca email Anda. Pastikan juga bahwa pengguna tablet dan desktop tetap enjoy ketika membaca email yang Anda kirim.

7. Gunakan media sosial dengan bijaksana
Pastikan bahwa bisnis Anda mudah ditemukan dan sepenuhnya terlibat dalam percakapan di media sosial, baik dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Dengan memberikan konten-konten yang bermanfaat dan mudah dicerna, tentu hal ini akan memberikan dampak yang positif untuk orang-orang selalu memeriksa kehadiran Anda.

Lidia Wulan

Lidia Wulan/VMN/BL/Head of Vibiz Internet Marketing Academy
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x