(Business Lounge – Business Insight) Coca-Cola sedang mengajak seluruh orang di dunia untuk tidak memandang stereotipe. Memanfaatkan moment bulan Ramadhan dan juga memilih Timur Tengah menjadi lokasinya, maka Coca-Cola memutuskan untuk mengeluarkan edisi khusus minuman kalengnya dengan menghapus semua gambar dan tulisan pada kaleng merahnya dan hanya menyisakan pita putih yang terlihat berkibar. Coca-Cola juga menuliskan pada kaleng merah tersebut bahwa labels adalah untuk kaleng dan bukan untuk seseorang.
Apa yang sedang Coca-Cola lakukan?
Pada bulan puasa ini, Coca-Cola mengajak semua orang untuk tidak memiliki prasangka sosial dan mendorong dunia untuk melihat tanpa label, melainkan untuk membuka hati mereka dan melihat dengan hati mereka. Coca-Cola menghapus label ikonik mereka sendiri dalam upaya untuk mempromosikan dunia tanpa label dan prasangka.
Coca-Cola menyadari bahwa cara orang melihat dan cara mereka berpakaian dapat mempengaruhi cara orang lain memandang mereka, sebelum mereka bahkan telah berbicara. Bahkan, prasangka biasanya dibentuk dalam tujuh detik pertama bertemu seseorang. Ini dapat didasarkan pada penampilan, kebangsaan, atau budaya. Coca-Cola menggunakan moment bulan puasa ini untuk mengajak semua lapisan masyarakat untuk melihat satu sama lain dalam persepsi yang berbeda untuk siapa mereka sebenarnya.
Coca-Cola juga merilis sebuah video yang mendokumentasikan sebuah eksperimen sosial yang unik yang menyoroti stereotip di masyarakat. Video inovatif menunjukkan bagaimana Coca-Cola mengundang enam orang asing untuk acara buka puasa dalam gelap. Hal ini memungkinkan tamu untuk berkomunikasi tanpa bisa membentuk prasangka tentang pengunjung sesama mereka berdasarkan penampilan fisik. Video memungkinkan para tamu dan penonton untuk melihat bagaimana stereotip mempengaruhi hari mereka untuk kehidupan hari.
Coca-Cola sedang mendesak semua orang untuk menghilangkan stereotip dan berharap untuk menyebarkan kebahagiaan kepada masyarakat luas.
nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : youtube