(Business Lounge – Dominate The Market) – Periklanan yang berhasil, tidak lepas dari cara promosi yang menarik. Dan Anda harus tahu, promosi yang menarik, tentu didalamnya memuat konten tulisan yang bagus dan impresif. Membuat konten tulisan yang menarik menjadi salah satu poin utama dalam kesuksesan periklanan. Permasalahannya adalah, jika Anda sudah membuat konten tulisan untuk mengiklankan produk atau jasa Anda, yang mungkin menurut Anda sudah cukup menarik, apakah lantas hal tersebut sudah pasti menarik juga bagi orang lain? Dan apakah tulisan yang Anda pikir menarik bagi Anda itu akan langsung berdampak pada kenaikan penjualan produk atau jasa Anda? Belum tentu!
Anda harus tahu, terkadang bagi orang yang belum familiar dengan produk atau jasa Anda, melihat brosur atau media periklanan lainnya yang Anda sebarkan untuk pertama kalinya, bisa jadi belum memberikan kesan mendalam bagi mereka. Bahkan, bisa jadi konten tulisan periklanan Anda, yang Anda pikir sudah menarik, bagi sebagian orang ternyata biasa saja dan tidak terlalu menarik.
Memang, dibutuhkan hati yang lapang ketika menyadari bahwa konten artikel kita untuk brosur dan media periklanan lainnya kurang mendapatkan respon yang baik, dan bahkan bisa saja hal tersebut membuat kita menjadi patah semangat untuk membuat konten periklanan lagi, karena menyadari ternyata konten artikel yang sudah pernah kita buat kurang menarik masyarakat.
Untuk membuat konten artikel periklanan kita menarik, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
Mengenal diri sendiri serta produk atau jasa yang akan kita pasarkan
Kita harus mengenal kemampuan diri sendiri dalam menulis artikel, keunikan penulis serta arah gaya tulisan diri, menjadi hal yang penting ketika menulis. Jadi, ketika menulis konten artikel, tidak menjiplak konten artikel periklanan orang lain, ataupun menulis asal mengutip sana-sini tetapi tidak ada ciri khas di dalamnya. Dan jangan lupa, harus jelas juga menggambarkan keunikan atau nilai lebih dari produk atau jasa yang akan kita pasarkan.
Seni menulis
Pentingnya ide untuk menulis yang memunculkan topik periklanan yang sesuai, serta pemilihan kata maupun kalimat yang menarik, tentunya sangat diperlukan dalam keberhasilan suatu konten artikel untuk periklanan.
Jangan lupakan juga tampilan yang menarik
Konten tampilan yang menarik, tentu menjadi pemanis sendiri bagi setiap orang yang melihat brosur maupun media periklanan lainnya yang Anda sebarkan, disamping ada juga faktor kenyamanan serta keunikan yang di tampilkan pada media periklanan Anda. Jadi, selain memperhatikan artikel untuk periklanan Anda, jangan lengah juga untuk memperhatikan tampilan yang ada.
Kalau di telaah lebih lanjut, beberapa hal di atas tentu memang merupakan beberapa cara untuk sebuah konten periklanan yang menarik, tetapi belum tentu juga cara tersebut membuat Anda 100% berhasil membuat artikel periklanan Anda terlihat menarik di mata masyarakat.
Selain beberapa hal diatas, ada hal penting yang memang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu berpikir dari sudut pandang masyarakat yang akan membaca artikel periklanan Anda. Hal itu, sama dengan menaruh diri Anda di kaki konsumen Anda, yang dalam hal ini adalah masyarakat pada umumnya. Dengan Anda melakukan hal itu, pastinya artikel periklanan Anda lebih menarik, karena artikel periklanan Anda bisa menjawab keinginan masyarakat. Nah, konten artikel periklanan yang menjawab keinginan masyarakat itulah, yang bisa dikatakan sebagai konten artikel periklanan yang menarik. Dikatakan menarik, karena bukan sekedar mengiklankan produk atau jasa, tetapi juga memberikan solusi pada permasalahan yang ada.
Seperti yang dikatakan oleh Kevin Stirtz “Know What Your Customers Want Most and What Your Company Best. Focus on Those Two Meet”, yang berarti kenali apa yang sangat diinginkan oleh konsumen Anda,dan juga yang terbaik dari perusahaan Anda. Fokuslah kepada kedua hal tersebut. Ya benar, tonjolkan kebaikan dari produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan Anda, dan jadikan itu sebagai jawaban dari keinginan masyarakat pada umumnya. Dengan mengedepankan kedua hal tersebut, dijamin maka konten artikel dalam periklanan Anda akan dapat menarik banyak orang. Dan akhirnya, pastilah akan meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda.
Rendy Chen/Contributor/VMN/BL
Editor: Zefanya Jodie