(Business Lounge – Business Insight) McDonald memang sedang mengalami pasang surut. Ada banyak permasalahan terutama terkait produknya yang mengakibatkan mulai berkurangnya pelanggan. Namun McDonald tidak mau tinggal diam dan tidak habis ide untuk dapat merebut kembali hati pelanggannya.
Salah satunya McDonald Jepang yang pada pekan depan akan meluncurkan program baru yang disebutnya dengan The Mac Adventure for Kids program. Program ini memang bertujuan untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari konsumen, terutama ibu-ibu dengan anak-anak.
The Mac Adventure for Kids program akan berlangsung dari 9 Juni hingga 30 Juni pada 650 restoran McDonald di Jepang. Anak-anak dan orang tua mereka akan diundang untuk memakai seragam staf McDonald dan memasak Mogumogu Mac burger di dapur restoran yang sebenarnya, demikian dikatakan perusahaan dalam siaran pers seperti dilansir oleh Japantoday. Mogumogu Mac adalah burger baru dengan ayam patty, wortel, jagung, dan kedelai.
Sedangkan anak-anak yang berpartisipasi haruslah anak-anak yang berusia antara 3 tahun hingga 12 tahun.
The Mac Adventure for Kids program ini merupakan bagian dari inisiatif baru yang diumumkan oleh perusahaan pada bulan lalu untuk mengembalikan reputasinya yang telah terpukul oleh serangkaian skandal.
Selama beberapa bulan secara tidak sengaja terjadi beberapa kejadian mengenai ditemukannya benda-benda asing pada makanan yang disajikan McDonald. Pada bulan April, perusahaan mengumumkan akan merenovasi 2.000 dari 3.000 outlet di Jepang dan menutup 130 lainnya, sambil mengurangi jumlah karyawan dalam upaya untuk memotong biaya.
Setelah kejadian tersebut maka kerugian yang diderita McDonald lebih dari perkiraan yaitu mencapai ¥ 21,8 miliar atau setara dengan 2,3 triliun rupiah pada tahun untuk 2014. Ini merupakan kerugian yang terbesar dalam 11 tahun. Sedangkan untuk tahun ini perusahaan ini diperkirakan mencatat rugi bersih mencapai ¥ 38 miliar atau setara dengan 4 triliun rupiah.
citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image :