Tolak Kerja Sama dengan BK, McD Galang Aksi Membantu Para Pengungsi

(Business Lounge – Global News) Persaingan para rantai makanan terkemuka terus berjalan bahkan berbagai kesempatan akan dimanfaatkan untuk membuat terobosan-terobosan yang luar biasa. Salah satunya seperti yang dilakukan McDonald yang pada hari Minggu (20/9) menyatakan membuat kampanye bernilai jutaan dolar untuk mempromosikan United Nations World Food Programme dalam aksinya untuk membantu para pengungsi konflik di Timur Tengah.

Aksi Burger Perdamaian dari Burger King

Iklan televisi dan online yang berdurasi 30 detik telah bolak balik ditayangkan antara dua raksasa makanan cepat saji sejak bulan lalu ketika Burger King mengusulkan membuat sebuah kampanye iklan untuk dua pembuat burger itu dapat bersama-sama membuat “McWhopper” (persilangan antara Big Mac dan Whopper) di toko pop-up untuk mempromosikan Hari Perdamaian. Tetapi CEO McDonald Steve Easterbrook telah menolak undangan tersebut hingga akhirnya Burger King kemudian bekerja sama dengan rantai restoran Denny, Krystal Giraffas, dan Wayback Burgers. Mereka mengumumkan mereka akan memberikan 1.500 mashup burger pada Atlanta pop-up restoran pada hari Senin (21/9).

Pimpin Aksi Lainnya

Namun hal ini tidak berarti McDonald akan tinggal diam. McDonald pun mendekati PBB dan para pejabat PBB pun meminta McDonald dan beberapa perusahaan lain untuk meningkatkan kesadaran atas krisis pengungsi dan mendorong publik untuk memberikan sumbangan pada WFP, demikian dikata perusahaan itu seperti dilansir oleh Reuters.

“Jika ada yang dapat membantu upaya internasional untuk membantu memberi makan pengungsi dan berjuang melawan kelaparan itu adalah kita,” demikian dikatakan Easterbrook dalam sebuah pernyataan pada Minggu (20/9) seperti dilansir oleh Reuters. McDonald menugaskan salah satu biro iklan mereka bekerja sama untuk menghasilkan iklan, yang disebut “Symbols.” Iklan ini ditayangkan di 38 negara dan juga pada platform digital.

Easterbrook juga mendekati beberapa perusahaan besar seperti DreamWorks Animation, Facebook, United Airlines, Cargill, dan MasterCard untuk bergabung dengan proyek ini dan mendapatkan sambutan yang baik. semua setuju. DreamWorks Animation merekam suara aktor Liam Neeson untuk iklan komersial. Iklan tidak menyebutkan McDonald atau salah satu perusahaan lain yang membayar untuk itu.

PBB Meminta Bantuan Publik

WFP mengatakan sumbangan yang dihasilkan dari kampanye akan digunakan untuk dana tanggap darurat dan akan membantu para pengungsi di Suriah, Irak, Sudan Selatan, dan Yaman. Badan ini sedang ada di tengah-tengah perjuangan membantu krisis pengungsi terbesar sejak Perang Dunia II.

“Sektor swasta memiliki peran penting untuk bermain dalam mengakhiri kelaparan dan mempromosikan perdamaian,” demikian dikatakan Jay Aldous, WFP Direktur Kemitraan Sektor Swasta. “Dan upaya global ini adalah sebuah contoh yang powerfull dari nama-nama besar yang datang bersama-sama dengan satu suara untuk membuat dampak yang nyata dalam kehidupan orang-orang yang rentan.”

Burger King memuji keputusan McDonald untuk meluncurkan kampanye iklan atas nama dia WFP.

“Setiap kegiatan terkait perdamaian yang disanggupi McDonald, apakah dalam kemitraan dengan Burger King atau secara individu adalah sesuatu yang luar biasa, karena akan meningkatkan kesadaran lebih lanjut untuk Hari Perdamaian,” demikian dikatakan Burger King dalam sebuah pernyataan.

citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x