Mengapa Strategi Sosial Media Marketing Belum Berhasil?

(Business Lounge – Dominate the Market) Ketika Anda memikirkan strategi marketing secara online, sosial media adalah salah satu bagian terpenting yang tidak dapat Anda lewatkan. Bagaimana tidak, dengan 2 miliar pengguna aktifnya, tentu saja media sosial ini memiliki potensi yang sangat besar untuk mendapatkan pelanggan. Di manakah lagi Anda dapat memperoleh sebuah kesempatan menjangkau lebih dari sepertiga penduduk dunia dengan cara yang mudah dan murah jika tidak melalui sosial media? Lantas apa yang membuat strategi sosial media marketing Anda tidak bekerja dengan baik? Mengapa ada banyak pebisnis yang gagal dalam memanfaatkan sosial media untuk mengembangkan usaha mereka? Berikut beberapa alasannya:

1. Anda belum menggunakan iklan berbayar di Facebook

Sejauh ini facebook masih merupakan sosial media terbesar jika dilihat dari jumlah penggunanya (ada pengguna aktif harian sebesar 890 juta dan 1.35 miliar total pengguna), namun untuk berpromosi di Facebook, pertimbangkanlah untuk menyediakan budget untuk memasang iklan. Pasalnya berdasarkan data yang didapat, Facebook meraih pendapatan sebesar hampir $12.5 miliar dari iklan di situsnya. Bertepatan dengan loncatan besar dalam pendapatannya, maka terjadi penurunan dramatis trafik yang didapat melalui pencarian organik. Nah jika Anda berencana menggunakan facebook sebagai platform sosial media Anda, sediakanlah budget untuk memasang iklan.

2. Anda terlalu banyak melakukan posting

Banyak pebisnis melakukan kesalahan dengan berpikir bahwa sosial media adalah sebuah tool yang dengan mudah dan cepat dapat digunakan untuk menghasilkan penjualan atas produk mereka. Akibatnya mereka mem-posting terlalu banyak dan terkejut ketika tidak ada seorang pun yang membeli produk mereka. Masalahnya bukan hanya sekedar mem-blast penawaran produk melalui sosial media, namun untuk memenangkan marketing dengan sosial media, sebelumnya Anda harus menarik para calon pelanggan datang melalui pesan dan konten yang anda bagikan.

3. Anda tidak memberikan konten yang berguna

Hal ini sejalan dengan point di atas. Salah satu cara terbaik untuk menarik pelanggan di media sosial adalah dengan menjadi berguna bagi komunitas yang ada secara konsisten tanpa terburu-buru menjual produk anda kepada mereka. Misalnya saja Anda adalah konsultan internet marketing, Anda dapat menulis sebuah e-book mengenai tips berpromosi secara online, dan kemudian mengirimkannya secara gratis. Nah beberapa orang yang mendapatkan kiriman e-book Anda dapat saja akan meminta Anda untuk melakukan promosi pada website mereka seperti tips yang Anda berikan pada e-book Anda. Dengan demikian calon pelanggan akan berdatangan.

4. Anda mencoba terlalu banyak platform sosial media

Memang tidak ada salahnya mencoba menggunakan beragam platform sosial media untuk mempromosikan produk Anda, namun jika itu tidak diimbangi dengan kemampuan SDM yang mengerjakannya, Anda akan kehilangan fokus. Akibatnya ada banyak akun sosial media yang Anda miliki, tetapi tidak terkelola dengan baik dan konsisten, karena mengelolanya dibutuhkan komitmen dari segi waktu dan energi. Jadi saran saya adalah pertimbangkanlah beberapa platform sosial media yang akan Anda gunakan, pilihlah yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.  Misalnya jika bisnis Anda adalah di dunia fashion, Pinterest atau instagram mungkin tepat bagi Anda.

Rebecca HayatiRebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x