(Business Lounge – Busines Insight) – Merek konsumen ternama Tiongkok mengamankan posisi mereka dengan ekspansi ke lokasi yang lebih geografis dan menawarkan produk-produk baru, menurut sebuah studi terbaru.
Master Kong terus menjadi merek konsumen Tiongkok yang paling sering dipilih di Tiongkok, diikuti oleh Yili dan Mengniu. Merek merek tersebut dipilih oleh pembeli Tiongkok lebih dari satu miliar kali selama tahun lalu, menurut laporan Brand Footprint tahunan perusahaan riset konsumen Kantar Worldpanel ini.
Sementara itu Shuanghui, Bright Food, Haday telah meningkatkan peringkat mereka di atas 10.
Peringkat dihitung berdasarkan jumlah rumah tangga yang membeli produk dan frekuensi pembelian mereka. Penelitian ini meliputi 412.000 rumah tangga di 35 negara dan 40.000 rumah tangga perkotaan di Tiongkok.
Mizone dari Danone, produser deterjen Bluemoon, perusahaan susu Junlebao, merek makanan beku Sanquan dan pembalut merek Space 7 adalah lima merek ternama yang memiliki pertumbuhan paling cepat di Tiongkok.
Meskipun Coca-Cola adalah merek terbaik yang dipilih secara global dan No 1 di delapan negara, tetapi di Tiongkok menempati urutan ke-28.
Merek teratas di masing-masing negara bisa saja berbeda, sesuai dengan budaya dan simbol dari kebiasaan lokal dan kebanggaan suatu negara. Merek lokal ini mengambil posisi teratas di lebih dari tiga perempat dari 35 negara yang dilacak.
Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri