(Business Lounge – Present Your Service) – Saya memang menyukai Bali. Sepertinya, baru mengunjunginya, pastinya akan selalu ingin mengunjunginya lagi. Well, Bali memang legendaris, bukan hanya karena pantainya yang terkenal dari zaman lampau, tetapi yang tidak pernah terlupakan, keramahannya!
Pasti semua orang tahu bahwa keramahan merupakan bagian dari Service. Dan tanpa adanya service yang baik, maka pelanggan pun tidak akan merasa puas. Saya pernah mendengar seorang asing berkata kepada saya “You’re from Indonesia? I’ve visited Bali twice, that’s amazing!” Orang asing lainnya, ketika saya katakan berasal dari Indonesia, dia langsung berkata “Indonesia? Bali?” Well, Indonesia memang sangat melekat dengan Bali. Dan tentunya, Bali melekat dengan kesan keramahan penduduknya.
Memang, saya berani katakan bahwa keramahan Bali, merupakan salah satu daya tarik dari wisatawan yang ada. Sedikit saja senyum dan ucapan terima kasih, sudah pasti membuat hati menjadi senang. Dan ketika kita berkata terima kasih dan mereka membalas, mungkin kelihatannya enteng, tetapi pasti ujungnya Anda akan sadar bahwa hal tersebut sangatlah dibutuhkan.
Bicara mengenai kehidupan sehari-hari, khususnya dalam dunia profesional, keramahan juga memang sangat penting. Kita lihat betapa Bali berhasil dalam pariwisatanya karena keramahan, hal itu jugalah yang seharusnya diterapkan di dalam perusahaan, bahkan harus menjadi budaya perusahaan. Ingat, ketika Anda berhadapan dengan front office di suatu perusahaan dengan muka asam, sangat pelit senyum, pelit bantuan, apa yang ada di benak Anda? Tentunya Anda tidak mau kembali lagi, bukan? Tetapi jika Anda bertemu dengan front office di suatu perusahaan yang mukanya tersenyum, sangat membantu, tutur kata sopan, pastinya Anda akan mengingatnya, dan jangka panjangnya adalah Anda akan berpikiran positif terhadap perusahaan tersebut.
Belajar dari keramahan Bali yang legendaris, dimana hal tersebut sudah menjadi buah bibir di Indonesia maupun mancanegara, hal itu jugalah yang harus diterapkan dalam perusahaan, terutama di bidang yang berinteraksi langsung dengan orang lain, seperti front office, marketing, serta public relations. Anda harus tahu, dengan keramahan yang merupakan bagian dari service, maka pastinya reputasi perusahaan Anda menjadi meningkat.
Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL