(Business Lounge – Business Insight) Perusahaan e-commerce raksasa Tiongkok Alibaba telah mengakuisisi lebih dari 9 persen saham di retailer online AS Zulily, menurut dokumen peraturan.
Dalam pengajuan dengan Securities and Exchange Commission pada hari Jumat lalu, Alibaba mengatakan telah membeli sekitar 4,8 juta saham Zulily Kelas A dengan biaya sekitar US $ 56 juta.
Ditambahkan ke saham yang sudah mereka miliki, Alibaba kini memiliki sekitar seperenam dari saham Kelas A Zulily, yang mewakili saham 9,3 persen di perusahaan, Wall Street Journal melaporkannya.
Harga saham Zulily ditutup naik 12,67 persen pada US $ 13,30 pada hari Jumat.
Pengecer yang berbasis di Seattle ini terutama menjual pakaian, mainan dan barang-barang lainnya untuk anak-anak dan terutama dipasarkan ke ibu-ibu. Perusahaan ini go public pada bulan November 2013 pada US $ 22 per saham. Dalam beberapa bulan, harga telah melonjak menjadi sekitar US $ 70, tapi kemudian jatuh kembali turun lagi dengan cepat karena pertumbuhan melambat.
Alibaba mengoperasikan platform belanja online Tiongkok yang paling populer , Taobao, yang diperkirakan memegang lebih dari 90 persen dari pasar online di negara itu untuk transaksi konsumen ke konsumen. Hal itu membuat debutnya di Wall Street pada bulan September tahun lalu, memperoleh US $ 25,02 miliar dan memecahkan rekor untuk penawaran umum perdana terbesar dalam sejarah.
Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri