(Business Lounge – Business Insight) – Warner Bros dan Lego mengeluarkan profil Batman, Marty McFly, yang Wicked Witch of the West dan karakter film lainnya untuk mencari keuntungan di area hiburan yang sedang booming ini dengan produknya “toys to life”.
Warner Bros, yang memiliki tiga film Lego dalam karyanya, akhir minggu lalu meluncurkan inisiatif game dan mainan yang disebut Lego Dimensions. Lego ini akan menjual kumpuluan film-tokoh karakter mini, yang disebut Dimension players, menggunakan basis sensor Lego, dapat menjadikannya hidup dalam video game yang dikeluarkan Warner.
Perusahaan berencana untuk merilis Dimensions di seluruh dunia mulai pada tanggal 27 September. David Haddad, general manager dari Warner Bros Interactive Entertainment, mengatakan Dimensi sebagai “proyek yang sangat ambisius dengan peluang ekspansi yang besar”.
Untuk menambah bobot, Warner telah merekrut karakter bala bantuan dari studio pesaing. Universal telah berlisensi karakter Kembali ke Masa Depan, misalnya.
Karakter yang dimiliki oleh 20th Century Fox juga diharapkan untuk bergabung Dimensi dengan berjalannya waktu.
Dimensi starter kits akan seharga sekitar $ US 100 ($ 130), atau sekitar 30 persen lebih daripada produk pesaing dari Disney.
Dalam beberapa langkah, Warner dan Lego terlambat masuk di area ini. Activision Blizzard menciptakan toys to life pada tahun 2011 dengan Skylanders yang sangat populer, yang sekarang sudah masuk ke inkarnasi keempat dan telah menghasilkan US $ 3 miliar dalam penjualannya.
Disney melakukannya pada tahun 2013 dengan Infinity, yang analis memperkirakan, memiliki penjualan hampir US $ 1 miliar, cukup untuk mengalahkan seluruh divisi Disney. Pemain infinity gabungkan bersama beberapa karakter dari Pixar, Disney dan Marvel film. Versi Star Wars of Infinity diharapkan akan keluar berikutnya. Akhir tahun lalu, Nintendo tiba dengan permainan berbasis patung sendiri disebut Amiibo.
Sebagai kategori, penjualan toys to life di Amerika Serikat mencapai $ US 671.3 juta pada tahun lalu, meningkat 64 persen dari tahun 2012, menurut NPD Group, sebuah perusahaan riset pasar.
“Masih banyak ruang untuk Warner dan Lego,” kata Michael Pachter, analis dari Wedbush Securities. “. Kategori ini baru saja dimulai Anda harus membayangkan semua waralaba mainan besar – Hot Wheels, Barbie, GI Joe, Transformers -. Tampaknya sangat dekat dalam mengambil kesempatan yang sama ini”
Dimensi mencerminkan dua strategi di Warner. Pada bulan Oktober, Kevin Tsujihara, yang mengambil alih sebagai kepala eksekutif studio pada tahun 2013, menekankan Lego sebagai salah satu dari sedikit film waralaba yang menerima dorongan lintas-perusahaan. Lego Movie, yang dirilis tahun lalu, memperoleh $ US468.8 juta dari seluruh dunia.
Mr Tsujihara, yang sebelumnya mengawasi divisi hiburan rumah Warner, termasuk video game, juga menjanjikan “pertumbuhan yang berarti” dari produk konsumen. “Keberhasilan Disney dengan Marvel dan waralaba lainnya menunjukkan apa yang mungkin dilakukan,” katanya pada presentasi investor baru-baru ini.
Studio film telah berjuang untuk mendapatkan pijakan dalam game, tapi track record Warner telah lebih baik daripada kebanyakan. Warner Interaktif, rumah bagi game seperti Batman: Arkham City dan seri Mortal Kombat, diharapkan dapat menghasilkan $ US1.5 miliar dalam penjualan game tahun ini. Warner juga memiliki garis populer permainan Lego tradisional.
Dimensi mulai dikerjakan lebih dari dua tahun lalu, menurut Jeff Junge, wakil presiden senior di Warner yang mengawasi segala sesuatu tentang Lego di studio. “Ini bukan peniru dari sesuatu yang lain,” katanya. “Sangat penting bagi Lego bahwa Dimensi ini lebih besar dan lebih baik dan lebih kaya dan lebih dalam.”
Warner menolak mengatakan berapa banyak dana yang dihabiskan untuk mengembangkan Dimensi. Seiring dengan pad sensor, setiap starter kit akan datang dengan Lego Batmobile dan tiga Lego mini-tokoh: Batman, Wyldstyle dari Lego Movie, dan Gandalf dari The Lord of the Rings dan film Hobbit.
Kit juga akan mencakup batu bata Lego untuk membangun sebuah “gerbang” rumit di atas pad sensor, tapi pemain harus menyelesaikan tugas dalam video game untuk membuka petunjuk bangunan. Penambahan karakter, kendaraan dan alat akan dijual terpisah dengan harga mulai dari sekitar $ US15 sampai $ US30.
Dimensi, ditujukan untuk permainan keluarga tetapi ditujukan untuk anak laki-laki usia 7 sampai 10, tersedia untuk berbagai perangkat Xbox, PlayStation dan Wifi. “Banyak detail lagi yang masih akan datang,” kata Jon Burton, pendiri dan direktur kreatif dari Warner TT Games, yang mengembangkan Dimensi. “Kami akan mengungkapkan secara bertahap.”
Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri