(Business Lounge – Dominate the Market) Dalam artikel sebelumnya sudah saya jelaskan tentang bagaimana cara mengelola aset digital marketing sebuah perusahaan. (Baca: 5 Tips Mengelola Aset Digital Marketing). Memang penting sekali untuk mengelola setiap aset digital yang dimiliki, karena hal ini sangat berhubungan dengan maju mundurnya sebuah perusahaan.
Efektif atau tidaknya pengelolaan aset digital marketing dipengaruhi oleh banyak hal, oleh sebab itu beberapa perusahaan sangat serius menggarap aset yang dimilikinya dan berinvestasi dalam pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan teknik digital marketing para karyawannya.
Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan teknik digital marketing dalam sebuah perusahaan :
1. Tentukan tujuan bisnis
Sebuah bisnis haruslah memiliki tujuan yang jelas. Dengan demikian akan jauh lebih mudah untuk mencapai hasil yang diinginkan.
2. Buat Style Guide
Dengan adanya Style Guide maka setiap orang yang terlibat dalam pengerjaan digital marketing diharapkan dapat tetap mempertahankan brand yang ada dan meningkatkan brand tersebut di semua jaringan yang ada.
3. Beri Kebebasan
Jika seorang karyawan telah berhasil menyelesaikan pelatihan digital marketing, mereka harus mampu untuk berkontribusi kepada upaya peningkatan penjualan melalui media sosial. Cara terbaik untuk memaksimalkan hasil adalah dengan memberikan kepercayaan kepada karyawan untuk mengelola aset yang ada sebebas mungkin, dengan demikian mereka akan dengan bebas berkreasi dan menuangkan ide-ide yang mereka miliki dalam berkomunikasi di media sosial yang mereka kelola.
4. Perhatikan karyawan baru
Ketika sebuah perusahaan semakin berkembang, maka diperlukan team digital marketing yang cukup. Bagi perusahaan yang berencana akan menambah karyawan baru, maka penting sekali untuk meninjau setiap posting ataupun update-an yang akan dinaikan di media sosial. Hal ini bertujuan untuk mereview dan ketika ditemukan kesalahan, meskipun kecil dapat segera di koreksi sebelum di publish.
5. Ciptakan Teamwork yang solid
Semakin banyak yang bergabung dalam team digital marketing, diharapkan akan mendorong hasil yang lebih baik. Hal ini hanya berlaku ketika setiap karyawan memberikan kontribusi positif dan berkoordinasi untuk mengelola akun media sosial yang berbeda.
6. Tetap konsisten
Pengelolaan aset digital marketing harus dilakukan secara konsisten. Ketika profile media sosial perusahaan dalam keadaan statis, tidak memiliki update apapun dalam waktu yang cukup lama, hal itu merupakan sebuah kesalahan terbesar dalam teknik digital marketing. Oleh sebab itu perusahaan harus memastikan bahwa semua sumber daya yang ada mendukung kegiatan media sosial yang ada.
7. Beri jawaban yang tepat
Tidak setiap interaksi di media sosial berlangsung positif. Ketika perusahaan mendapat respon negatif dari pelanggan, maka perusahaan harus memiliki jawaban untuk menangapi pelanggan yang tidak senang dengan cara yang tenang dan proaktif.
8. Tetap diatas Trend
Perubahan sosial berlangsung sangat cepat. Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi perusahaan untuk tidak hanya mengawasi pesaing mereka, tapi juga terus menerus berkreasi dan berinovasi untuk meningkatkan teknik digital marketing yang ada. Kabar baiknya adalah, meskipun banyak hal yang akan berubah, namun karyawan yang memiliki paham yang solid tidak akan mengalami kesulitan beradaptasi terhadapa perubahan tersebut.
Demikian tips mengembangkan teknik digital marketing sebuah perusahaan, silahkan diterapkan.
Lidia Wulan/Head of Vibiz Internet Marketing Academy/VMN/BL
Editor: Lidia Wulan