Beberapa Cara Menjadi Karyawan Yang Lebih Baik Di Tahun 2015

(Business Lounge – Empower People) – Tahun 2015 telah tiba. Harapan baru dalam segala aspek siap untuk kita raih di tahun ini. Sebagai seorang karyawan, sudah pasti memiliki harapan untuk menjadi karyawan yang lebih baik di tahun 2015. Namun, menjadi karyawan yang lebih baik pastilah bukan hanya begitu saja, karena semua ada cara-caranya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda ikuti agar dapat menjadi karyawan yang baik di tahun 2015 :

Buatlah to-do-list yang lebih baik

Anda pasti tahu, sebagai seorang karyawan, banyak hal yang harus Anda lakukan. Karena itu, sangatlah penting untuk membuat to-do-list dengan baik, dengan menempatkan skala prioritas pekerjaan yang sesuai. Jika selama ini sudah terbiasa membuat to-do-list, itu adalah kebiasaan baik yang harus diteruskan, dan juga dikembangkan agar menjadi to-do-list yang lebih baik dari sebelumnya. Namun, jika membuat to-do-list belum menjadi kebiasaan Anda, mulai sekarang buatlah hal tersebut menjadi kebiasaan bagi Anda.

Hindari budaya “sok sibuk”

Jika Anda memiliki budaya “sok sibuk”, mulai sekarang ubahlah diri Anda. Kalau Anda terus-menerus “sok sibuk” dan tidak suka meninggalkan meja kerja Anda, terkadang Anda jadi melewatkan kesempatan baik yang bisa Anda raih. Kesibukan dalam dunia kerja memang penting, tetapi tidak ada salahnya untuk Anda juga memperluas diri Anda dengan melihat hal lain yang bisa jadi mendukung pekerjaan Anda.

Ubah pola tidur Anda

Jika Anda ingin berhasil dalam karir Anda di dunia kerja, di tahun 2015 ini Anda harus mengubah pola tidur Anda. Kurangi waktu tidur Anda yang terlalu panjang dengan memperbanyak produktivitas Anda dalam bekerja. Namun, ketika Anda beristirahat, Anda harus beristirahat dengan benar, jangan waktu istirahat Anda juga tidak efektif karena Anda sendiri yang memotong waktu istirahat Anda dengan bermain game atau menonton acara televisi yang kurang penting. Yang penting, jangan tidur terlalu lama, tetapi jangan juga waktu tidur Anda tidak Anda pergunakan dengan maksimal karena kesibukan yang tidak penting.

 Jangan terbiasa menunda dalam bekerja

Setelah terbiasa membuat to-do-list, kerjakanlah itu semua dengan baik dan sesuai, jangan terbiasa menunda pekerjaan, karena nantinya waktu Anda tidak akan menjadi efektif dan Anda akan tergesa-gesa bekerja pada akhirnya, yang pada ujungnya mengakibatkan pekerjaan Anda tidak akan menjadi maksimal.

Bawalah makan siang yang lebih banyak

Percaya atau tidak, membawa makan siang yang lebih banyak bisa membuat Anda menjadi lebih produktif dalam lingkungan kerja. Dikatakan lebih produktif, karena dengan membawa sendiri makan siang Anda, itu menghemat waktu Anda untuk pergi kesana-kemari untuk mencari makan. Selain itu, membawa makanan sendiri dari rumah jauh lebih sehat dan bersih daripada makan di luar rumah. Upayakan membawa menu 4 sehat 5 sempurna untuk makan siang Anda, dan apabila Anda adalah penggemar teh, kopi, dan susu, Anda bisa membawanya sendiri dalam tempat minum yang sudah Anda siapkan dari rumah, itu jauh lebih baik dibandingkan Anda harus turun ke coffee shop atau supermarket untuk mencari minuman tersebut. Percaya atau tidak, dengan membawa makan siang sendiri, itu akan mengurangi Anda untuk berseliweran mencari makan, dan pada akhirnya waktu kerja Anda tentunya akan lebih banyak. Dan satu lagi keuntungannya, membawa makan siang sendiri dari rumah itu menghemat pengeluaran Anda. Menguntungkan, bukan?

Lebih terbuka dalam pekerjaan

Dengan Anda lebih terbuka di dalam pekerjaan Anda, maka hal itu akan membuat potensi dan prestasi Anda menjadi jauh lebih terlihat. Kembangkanlah potensi Anda dan jangan pernah malu memperlihatkannya kepada atasan maupun rekan sekerja Anda. Jika ada ide yang mau disampaikan, jangan juga dipendam atau malu mengatakannya, sebaliknya Anda harus berani untuk terbuka dalam menyampaikan ide dan pendapat Anda.

Berikan dan terima masukan dengan baik

Memberikan dan menerima masukan, adalah hal penting yang harus Anda lakukan di dalam lingkungan kerja. Dengan Anda bisa menerima masukan, maka Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik, termasuk di dalam pekerjaan Anda. Selain menerima masukan, Anda juga harus menunjukkan keperdulian dengan memberikan masukan kepada atasan maupun rekan kerja Anda. Dengan memberikan masukan, maka Anda pasti akan terkenal sebagai orang yang perduli kepada lingkungan kerja. Tetapi, dalam menyampaikan masukan, harus tetap memperhatikan tata krama dan kesopanan.

Hindari perfeksionis yang berlebihan

Dalam lingkungan kerja, hindari sikap perfeksionis yang berlebihan. Jangan demi “perfeksionis” yang Anda inginkan, maka kinerja di dalam bekerja menjadi lambat, karena waktu yang ada sibuk untuk mewujudkan perfeksionis Anda. Selain itu, jika ada kesalahan Anda, hindari sikap perfeksionis untuk menutupi kesalahan Anda, sebaliknya jangan malu mengakui kesalahan Anda dan perbaiki kesalahan Anda tersebut. Orang yang perfeksionis, biasanya akan lebih sulit berinteraksi dengan orang lain di lingkungan kerja. Karena itu, Anda harus tetap fleksibel di dalam lingkungan pekerjaan Anda, dan harus tahu menghargai setiap orang yang ada dalam perusahaan.

ZefanyaZefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x