(Business Lounge – Dominate The Market) – Ketika kita akan menutup tahun ini dan melangkah memulai tahun yang baru, penting sekali untuk memahami tren apakah yang akan terjadi di tahun 2015 dalam segi pemasaran dan branding .
Dengan semakin bergerak menjauhnya kita dari pemasaran online secara massal, kita memandang akan pentingnya komunikasi dengan prospek atau klien secara lebih pribadi, lebih relevan dan juga lebih menarik di tahun 2015 nanti. Pelanggan lebih mencari pengalaman dengan brand secara lebih mendalam daripada hanya sekedar tahu. Perusahaan yang memahami perbedaan ini akan semakin bertumbuh dalam bisnisnya.
Sebuah strategi pemasaran yang terpadu akan menjadi sumber keberhasilan dalam suatu bisnis di tahun 2015. Sudah berlalu hari-hari yang menyampaikan bahwa silo marketing (hanya menggunakan satu taktik pemasaran seperti, iklan, media sosial atau penjualan langsung) akan memberikan pertumbuhan bisnis. Memandang bahwa strategi pemasaran secara keseluruhan dan membuat rencana yang membahas banyak tahap prospek untuk pelanggan mulai dari mereka sebelum dan sesudah menjadi pembeli akan dikembangkan.
Penggunaan analisis akan lebih diutamakan pada saat anda ingin menjadikan pemasaran dalam bisnis lebih efektif. Bagaimana strategi strategi yang kurang efektif perlu diseleksi untuk mendapatkan strategi pemasaran kredibel yang sesuai dengan nilai investasi yang dikeluarkan serta sukses menarik banyak pelanggan.
Penekanan perlu ditambahkan juga dalam memahami siapa target pasar bisnis anda dengan mempersempit klien ideal yang ditargetkan secara demografi dan persona keseluruhan. Semakin memahami calon klien akan membantu suatu bisnis membedakan profil mereka dari kompetitor yang lain, juga menarik pelanggan yang sesuai dan membawa keuntungan yang lebih tinggi.
Pemasaran internal sama pentingnya dengan eksternal. Perusahaan akan membangun brand mereka melalui karyawannya yang memberikan tampilan autentik perusahaan secara keseluruhan dan akan memperkuat posisi mereka di pasar. Pemasaran internal akan sama pentingnya dengan posting di sosial media, iklan maupun siaran pers ke pasar.
Retensi klien dan keterlibatannya akan menjadi fokus perusahaan karena mereka akan terus mengumpulkan klien mereka saat ini untuk mengembangkan bisnis yang berulang dan agen referral lainnya. Departemen pemasaran perlu menambahkan pengalaman lagi dari direksi dan VP marketingnya untuk memenangkan upaya retensi klien dan membangun pertumbuhan bisnis melalui pelanggan yang sudah ada.
Fokus pada SEO lokal juga terbukti lebih efektif dan memiliki biaya yang lebih efisien dalam bisnis. Bisnis semakin menyadari bahwa mereka tidak perlu mendominasi keyword dari industri mereka untuk seluruh negara ketika mereka hanya melakukan bisnis dalam suatu lokasi geografis tertentu. Fokus dalam keyword mereka saat ini terhadap situs profil lokal dan beberapa proyek pemasaran kohesif lainnya akan membuktikan hal itu lebih berhasil.
Konten pemasaran masih merupakan bagian terbesar dari keberhasilan marketing mix di tahun 2015. Mengubah konten marketing pada masa yang lalu ke cerita yang lebih relevan dan pribadi akan menjadi kunci untuk bisnis anda. Memasukkan cerita-cerita khusus dari seorang copy writer untuk menggantikan tulisan dari wartawan yang lebih luas akan mampu memberikan nuansa human interest yang membuat pelanggan semakin terhubung dengan brand. Selain itu, cerita cerita yang menarik melalui video semakin akan terus berkembang dan berhubungan erat dengan konsumen.
Dengan meningkatnya tren menggunakan perangkat mobile, seperti tablet dan telepon, sebagai sumber utama kehidupan sehari-hari bagi para konsumen, pastikan bahwa pemasaran online menjadi tujuan utama bisnis dalam tahun mendatang. Perusahaan yang memiliki website akan lebih baik dibandingkan mereka yang terus memilih untuk mengabaikan pengguna online yang semakin berkembang pesat pada saat ini.
Endah Caratri/Managing Partner Vibiz Consulting Divisi Financial, Accounting & Tax Servives