Bisnis Online, Kenapa Harus ?

(Business Lounge – Dominate the market) Suatu kali dalam sebuah training yang diadakan oleh Vibiz Learning Center saya bertemu dengan seorang bapak. Sebut saja nama bapak ini adalah Bapak Budi. Dalam sesi bincang-bincang mengenai alasan mengapa peserta mau ikut dalam acara training e-Commerce ini, Pak Budi menjawab bahwa salah satu alasan dia mengikuti training ini adalah untuk membuka wawasannya mengenai e-Commerce dan ingin mempromosikan bisninya melalui online.

Produk yang ditawarkan oleh Pak Budi adalah jasa konstruksi atau pembuatan kolam renang. Bisnis ini telah ia geluti sejak 1985 dan telah mengerjakan proyek pembuatan kolam renang dalam skala kecil dan besar di seluruh Indonesia.

So, kenapa dia harus bermain di online sementara dia telah sukses menjual produk-produknya secara offline ?
dan apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online nya tersebut ?

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin mengarahkan bisnisnya ke dalam pemasaran online :

1. Identifikasi Kebutuhan Pasar
Tahap ini merupakan tahap yang paling penting sebelum anda melanjutkan ke tahap “Saya ingin memulai sesuatu”. Apabila pekerjaan Anda pada tahap ini belum benar, maka keseluruhan model bisnis Anda mungkin akan runtuh.

2. Pahami Target Audience Anda
Dalam setiap kebutuhan, bisa terdapat beberapa kelompok yang berlaku sebagai target audience. Jadi, Anda perlu memutuskan siapa yang menjadi target audience Anda. Hal ini membutuhkan penelitian, penelitian yang melibatkan pola perilaku, kebiasaan membeli, akses ke teknologi sampai ke emosional dari audience tersebut.

3. Berikan Solusi Terhadap Kebutuhan Pasar
Ketika Anda telah mengetahui kebutuhan pasar, Anda harus menyediakan solusi yang memenuhi kebutuhan tersebut. Jangan sampai solusi Anda kurang dalam hal promosi dan jangan pula terlalu gencar dalam melakukannya. Selain itu, pastikan bahwa solusi yang Anda berikan merupakan solusi terbaik dan cocok bagi target audience Anda.

4. Hitung ROI (Return of Investment)
Setelah mengidentifikasi dan memastikan kebutuhan pasar, Anda perlu untuk menilai ROI (Return of Investment) atas kebutuhan ini. Apabila Anda puas akan hasil hitungan tersebut maka lanjutkan rencana Anda.

5. Bangun Website Anda
Setelah rencana telah disusun dengan matang, target audience sudah jelas, Anda harus mendesain website Anda. Satu hal yang perlu diingat adalah, jenis-jenis platform yang target audience Anda gunakan untuk mengakses website anda.

6. Isi Konten Website Anda
Pastikan bahwa anda memiliki konten yang benar. Beberapa designer website merekomendasikan untuk menampilkan sebagian dari informasi saja. Hal ini untuk mendorong customer untuk mencari Anda atau membuat postingan untuk mendapatkan informasi lanjutannya.

7. Gunakan Teknik Search Engine Optimization (SEO)
Begitu website Anda sudah siap untuk dijalankan, inilah saatnya untuk membuat arus ke website anda. Hal ini dapat dilakukan dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO membantu Anda membawa pengunjung ke website Anda dan membuat website Anda lebih diperhatikan dan popular.

8. Maksimalkan Dengan Search Engine Marketing (SEM)
Untuk layanan dan produk yang ingin dijual lebih cepat, atau ketika Anda ingin mengejar target penjualan, layanan Search Engine Marketing perlu juga untuk Anda coba gunakan. Anda bisa mempromosikan produk atau jasa melalui iklan berbayar seperti Google Adwords, Facebook Ads, dsb.

Memulai bisnis online bukanlah lagi merupakan sebuah pilihan, tapi telah bergeser menjadi sebuah kebutuhan yang harus dilakukan. Mau tidak mau, suka tidak suka setiap pebisnis harus masuk ke arena ini, kalau dia ingin tetap maju dan berpacu dengan kondisi pasar.

Lidia WulanLidia Wulan/Head of Vibiz Internet Marketing Academy/VMN/BL

Editor: Lidia Wulan

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x