Hati-Hati, Mengantuk Bisa Berdampak Pada Produktivitas Anda

(Business Lounge – Empower People) – Percaya atau tidak, salah satu penyebab tidak produktifnya seseorang ketika bekerja adalah seringnya ia mengantuk di jam kerja. Mungkin, Anda melihat ngantuk merupakan hal yang biasa dalam bekerja. Banyak kata permisif yang dilontarkan untuk masalah pengantukan ini, mulai dari “ah, mungkin dia kecapekan”, atau jika diri sendiri yang mengantuk, kata permisif yang mungkin bisa keluar adalah “saya lagi kurang istirahat ini, butuh relaksasi sebentar, bekerja terus kan saya capek”. Tapi, kalau Anda melihat karyawan Anda mengantuk terus, atau bahkan kondisi Anda sendiri sering mengantuk di kantor, berhati-hatilah, karena dalam jangka panjangnya hal tersebut bisa berbahaya bagi perusahaan.

Terlalu sering mengantuk di kantor dapat berpengaruh terhadap produktivitas seseorang. Ranftl dalam Timpe (2000) mengatakan bahwa ada tujuh kunci untuk mencapai produktivitas dan kreativitas yang tinggi, yaitu keahlian, manajemen yang bertanggung jawab, kepemimpinan yang luar biasa; dari semua faktor, kepemimpinan manajemen memiliki pengaruh terbesar dalam produktivitas; kesederhanaan organisasi dan operasional; susunan organisasi harus diusahakan agar sederhana, luwes, dan dapat disesuaikan dengan perubahan, kepegawaian yang efektif, tugas yang menantang, perencanaan dan pengendalian tujuan, pelatihan manajerial khusus.

Mari kita lihat, dalam salah satu dari tujuh kunci untuk mencapai produktivitas adalah kepegawaian yang efektif, yang berarti salah satu aplikasinya adalah pegawai yang bekerja, haruslah secara efektif, dan tidak mengurangi atau mengulur waktu yang ada. Dan asal Anda tahu, mengantuk merupakan salah satu hal yang tanpa disadari dapat mengurangi waktu yang ada dan membuat pekerjaan menjadi tidak efektif. Nah, setelah mengetahui hal tersebut, dapat dilihat jangka panjang daripada pengantukan yang terlalu sering, yaitu bisa membuat pekerjaan tidak efektif, yang berlanjut pada produktivitas yang tidak maksimal, dan ujungnya pada keuntungan perusahaan yang tidak tercapai. Kecil memang kelihatannya, tetapi mengantuk yang terlalu sering sangat berbahaya untuk jangka panjang, karena bisa berdampak pada perusahaan juga pada akhirnya.

Setelah mengetahui bahaya seringnya mengatuk di pekerjaan, mungkin Anda berpikir, bagaimana kalau saya sulit untuk mengatasinya? Jawabannya adalah, kenali diri Anda, dan temukan metode yang tepat untuk mengatasinya. Berikut beberapa metode yang dapat Anda coba untuk mengatasi rasa kantuk yang berlebihan di kantor :

Mendengarkan musik yang memberi semangat

Mendengarkan musik sangat penting bagi Anda untuk menghilangkan kantuk yang berlebihan. Dengarkanlah musik yang memberikan semangat melalui gadget Anda. Dijamin, rasa kantuk Anda akan hilang. Tetapi jangan terlalu keras menyetelnya karena bisa berbahaya bagi telinga Anda.

Minumlah air putih untuk memberikan rasa segar

Ada orang yang memanfaatkan kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun, bagi yang tidak menyukai kopi, air putih bisa menjadi pilihan yang tepat dan tidak beresiko. Mungkin jika Anda bosan dengan air putih biasa, Anda bisa menambahkan potongan buah segar seperti strawberry dan lemon ke dalam air putih Anda untuk memberi rasa segar sekaligus mendapatkan manfaat vitamin C dari buah-buahan tersebut.

Cuci muka dan rapikan wajah Anda

Jangan gengsi untuk pergi ke toilet untuk mencuci muka Anda, karena itu sangat penting untuk menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan. Setelah mencuci muka, merapikan riasan di muka Anda juga bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk.

Berdiri di tempat beberapa detik

Kalau Anda tahu sedang mengantuk, jangan terus-menerus duduk di kursi, melainkan berdirilah sebentar supaya Anda menjadi lebih segar. Kedengarannya sepele, tapi itu lumayan dapat memberikan perubahan bagi Anda.

Pikirkan hal yang membuat Anda gembira

Pikirkanlah gaji yang sebentar lagi Anda terima, atau pikirkanlah rencana jalan-jalan bersama keluarga, mungkin hanya sebentar, tetapi paling tidak membantu Anda menghilangkan rasa kantuk. Namun, memikirkan hal yang menyenangkan jangan terlalu lama, karena pekerjaan Anda tetap harus jadi prioritas. Setelah kantuk Anda hilang, kembalilah kepada pekerjaan Anda dan lakukan semuanya dengan maksimal untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL