(Business Lounge – Management Tips) Ada dua hal yang menjadi pedoman bagi Purnomo Prawiro untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.
Empathy
Seorang pemimpin harus memiliki perasaan empathy kepada anggota timnya. Sebab seorang pemimpin tidak hanya hidup untuk dirinya sendiri saja tetapi untuk semua timnya.
Jiwa yang Melayani (Servant Leadership)
Direktur Utama PT Blue Bird Tbk ini menggarisbawahi pentingganya sikap kepemimpinan yang melayani. Purnomo memberikan contoh apa yang sehari-hari diterapkannya di tempat kerjanya. Walaupun Purnomo adalah seorang direktur utama, tetapi ia tidak memiliki sekretaris dan security khusus baginya. Sebab ia tidak menginginkan adanya batasan antara bawahannya dengan dirinya sebagai atasan.
Semua orang dikatakannya dapat masuk ke ruang kerjanya kapan saja. Bagi Purnomo, jika sudah ada batasan antara atasan dan bawahan maka komunikasi pun akan terhambat. Jika komunikasi terhambat maka kita tidak akan tahu apa yang terjadi di lapangan dan mereka pun tidak akan tahu apa yang kita inginkan.
Purnomo selalu menegaskan pada dirinya bahwa tugasnya adalah melayani semua orang dan bukan dilayani. Ia menyadari benar jika sebagai seorang direktur utama ia meminta dilayani maka semua orang akan berkonsentrasi hanya untuk “seorang” Purnomo. Tetapi jika dibalik dan ia yang melayani maka semua orang akan lebih mudah dapat bekerja. Sebab ada banyak decision yang harus diambil oleh direksi untuk memberikan bantuan bagi banyak anggota timnya.
uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana