Maintain Customer Lewat Sosial Media, Mengapa Tidak?

(Business Lounge – Present Your Service) Sosial media kini bukanlah hal yang asing lagi bagi begitu banyak orang. Apalagi dalam dunia bisnis. Banyak peranan penting dapat dilakukan lewat sosial media ini termasuk untuk me-maintain para customer. Oleh karena itu, maka sangat penting untuk memahami kiat sukses dalam menjalin hubungan lewat sosial media.

Kiat yang terpenting dalam menjalin hubungan lewat sosial media adalah fokus dalam memberikan informasi bukan hanya menerima. Bagaimana maksudnya?

Misalnya ketika perusahaan membuat blog, yang merupakan sarana dalam menyampaikan informasi kepada publik, sesungguhnya bisa juga menjadi sarana berinteraksi dengan pelanggan. Satu kebiasaan penting yang saya amati dalam sosial media adalah ketika satu pihak aktif melakukan pemberian, maka pihak yang satu lagi akan membalasnya.

Misalnya begini, ketika perusahaan membuat blog, maka awareness terhadap blog tersebut tidak akan meningkat jika blog tersebut tidak aktif dalam memberikan informasi. Setiap blog biasanya punya follower masing-masing, dan untuk blog perusahaan maka follower umumnya adalah pelanggan. Pelanggan bisa berinteraksi dengan perusahaan lewat postingan dan komentar-komentar yang ada pada blog tersebut. Selain itu, untuk lebih mengenal seluk beluk pelanggan lebih jauh serta meningkatkan brand awareness , maka blog perusahaan perlu untuk mengunjungi sekaligus memberikan komentar pada blog-blog follower maupun blog lainnya. Sehingga nama brand akan semakin terlihat, juga tercipta interaksi yang baik dengan pelanggan.

Salah satu sosial media yang populer digunakan di dunia dan kini punya pengaruh yang semakin besar dalam menyebarkan informasi adalah Twitter. Twitter merupakan layanan dimana user dapat memberikan update kepada follower, dan demikian pula sebaliknya. Banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia, yang informasinya tersebar pertama kali melalui Twitter. Bagi perusahaan, Twitter bisa berguna untuk menyampaikan informasi dan update penting mengenai produk maupun layanan yang diberikannya, serta mengetahui pendapat orang mengenai produk/layanan perusahaan.

Terdapat beberapa layanan lain sejenis Twitter yang juga dapat digunakan. Namun, pada intinya, kebiasaan yang tercipta adalah sama, yakni ketika satu pihak aktif merespon, maka pihak lainnya akan balas merespon, sehingga terjadi komunikasi dua arah dan terjalin hubungan yang baik. Jika sosial media bisa menciptakan jalinan hubungan yang baik antara satu orang dengan orang lainnya, maka tentunya ini bisa berhasil antara perusahaan dengan pelanggan.

Sama halnya dengan perusahaan yang membuat forum untuk produk dan layanannya, maka hubungan yang baik hanya bisa dijalin jika ada komunikasi dua arah. Misalnya, perusahaan merespon pelanggan yang kini sedang mengalami masalah dengan produk/layanannya lewat forum.

Intinya, sosial media merupakan media yang sangat penting dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Hal yang juga perlu diingat supaya Anda sukses dalam sosial media adalah fokus untuk memberikan informasi sehingga tercipta interaksi yang baik antar Anda dan pelanggan.

viserva/Contributor/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana