(Business Lounge – How To Present Your Service) Mungkin hal ini bisa menjadi sebuah pertanyaan yang umum diberbagai perusahaan jasa manapun dan ini dapat menjadi sebuah pertanyaan juga bagi anda, apakah memang layanan pelanggan yang baik itu dapat benar-benar berarti ? Lalu bagaimana untuk dapat mencapainya ?
Kita semua mengetahuinya bahwa layanan pelanggan yang baik merupakan hal yang sangat penting, dan untuk sebagian orang pelayanan pelanggan yang baik itu dapat berupa hal sederhana seperti memecahkan masalah dan menawarkan solusi dengan cara yang bijaksana. Tetapi bagi kebanyakan orang, pelayanan pelanggan yang baik merupakan hal yang memberikan kenyamanan dan juga kepuasan dari keseluruhan pelayanan petugas garis depan yang diharapkan oleh pelanggan pada sebuah perusahaan jasa.
Sementara di lain pihak orang dapat beranggapan bahwa pelayanan pelanggan yang baik adalah ketika sebuah perusahaan bersedia untuk memberikan kepada pelanggan atau customer mereka apa saja yang mereka inginkan. Anda tahu bahwa pelanggan itu memerlukan pendekatan yang tepat – tidak peduli seberapa masuk akalnya tuntutan mereka.
Ada beberapa pendapat mengenai pelayanan pelanggan yang baik, diantaranya :
1. Layanan pelanggan yang baik berarti ketika pelanggan meminta bantuan maka petugas layanan pelanggan tahu jawabannya, tetapi jika tidak maka ia akan mencoba mencari tahu jawabannya. Jangan lupa bawha petugas layanan tersebut juga haruslah kontak mata (eye contact) yang baik, tersenyum, napas yang teratur dan tidak sedang mengunyah permen karet.
Bukan merupakan hal yang menyenangkan jikalau petugas penjualan melalui telepon atau online tidak memiliki keterampilan sosial yang baik. Padahal pelanggan sudah berencana untuk membelanjakan sejumlah nilai, sudah pasti pelanggan berharap akan mendapatkan perlakuan dengan baik.
2. Layanan pelanggan adalah kemampuan organisasi atau perusahaan untuk memasok keinginan dan kebutuhan pelanggan mereka.
Beberapa aspek layanan pelanggan yang efektif diantaranya:
a. Mengetahui kebutuhan pelanggan Anda
b. Mengidentifikasi kegiatan pelayanan utama Anda
c. Memberikan layanan yang unggul
d. Ada tindak lanjut (follow up)
3. Layanan pelanggan yang sangat baik merupakan kemampuan organisasi atau perusahaan untuk terus-menerus dan konsisten dalam memberikan layanan melebihi harapan pelanggan. Selain itu juga dapat mencari tahu persis apa yang menjadi keinginan pelanggan dan berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk membantu pelanggan anda.
Dasar-dasar layanan pelanggan yang baik dan yang harus dipenuhi serta dapat merupakan touch points yang umum sebagai pendukung dari sebuah layanan pelanggan yang baik:
- Jangan biarkan pelanggan anda menunggu terlalu lama
- Petugas dapat membantu pelanggan dalam menentukan pilihannya
- Membangun kepercayaan pelanggan untuk datang (kembali).
Ada banyak hal yang dapat dipelajari dan menjadi kekuatan untuk dapat mencapai layanan pelanggan yang baik itu.
Satu hal yang paling penting dari semuanya adalah adanya interaksi baik melalui online ataupun offline.
Tidak hanya pelanggan Anda yang akan merasa sangat dihargai jika dilayani dengan begitu baik. Tetapi juga setiap orang yang sudah pasti menjadi pelanggan di salah satu tempat, apakah itu di bengkel, salon, restaurant, hotel dan lain-lainnya. Mereka semua berharap mendapatkan pelayanan yang sangat baik.
Margaretha/Contributor/VMN/BL