Kualitas Jalan Indonesia

(Business Lounge – Business Today) – Kualitas dari jalan yang ada di Indonesia saat ini masih jauh dibawah dari standar yang layak. Hal tersebut dapat terlihat dari seringnya jalanan di Indonesia yang selalu di perbaiki terus dan tidak pernah mulus. Dengan terus melakukan hal tersebut maka pemborosan anggaran pemerintah dalam perbaikan jalan sangatlah besar dan tidak efisien serta efektif.

Pentingnya kualitas jalan sangatlah vital bagi percepatan pertumbuhan ekonomi. Dengan kualitas jalan yang baik dapat mendukung konektivitas yang baik sehingga membuat waktu tempuh perjalanan bagi logistik yang menjadi lebih optimal. Investor tentu akan semakin tertarik menambah investasinya di Indonesia. Jika dilihat dari kondisi geografis Indonesia jalan bukan hanya satu-satunya jalur yang utama di Indonesia. Lautan yang luas serta transportasi udara dengan luasnya wilayah Indonesia dapat menjadi jalur transportasi yang lebih dominan dibandingkan jalan. Akan tetapi hal untuk mencapai ke arah tersebut masih membutuhkan waktu, investasi, dan teknologi yang besar. Sehingga dalam short term jalan masih memiliki tingkat dominasi yang tinggi sebagai media konektivitas di Indonesia.

Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas dari jalan di Indonesia. Salah satunya adalah kurang benarnya teknik pembangunan dan perbaikan jalan di Indonesia. Menurut Heddy.R.Agah pemilihan campuran bahan dasar, pemadatan, dan penyediaan rongga didalam lapisan jalan masih belum dilakukan dengan baik. Sistem drainase dari jalan juga kurang diperhatikan dengan baik sehingga sering banyak terdapat genangan air yang mengenang di tengah jalan yang menyebabkan cepat rusaknya jalan.

Pemerintah perlu memberikan perhatian khusus mengenai permasalahan tersebut. Tanggung jawab tersebut haruslah ditanggung baik oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.  Hal ini dikarenakan dari total 39 ribu kilometer panjang jalan di Indonesia, presentase jalan nasional hanya mencapai 8 persen sedangkan presentase jalan daerah mencapai 81 persen.

Kondisi jalan tersebut tercermin dari tingkat Logistic Performance Index (LPI) Indonesia yang menunjukkan peringkat 82 di tahun 2011 menjadi peringkat 92 di tahun 2012 yang merupakan penurunan bagi Indonesia. Untuk ukuran negara ASEAN,  Indonesia hanya lebih baik dari Filipina dan Vietnam.

Peningkatan kualitas dan pertumbuhan jalan sudah seharusnya menajdi fokus dari pemerintah sekarang. Dengan kucuran dana 10% baik dari APBD dan APBN , koordinasi yang baik antar pusat dan daerah, perbaikan teknik pembuatan dan perbaikan jalan, serta penambahan dana alokasi bagi daerah untuk difokuskan terhadap penambahan dan peningkatan mutu jalan daerah maka untuk kedepannya tingkat konektivitas jalan di Indonesia akan semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Afif Bahar/Analyst Vibiz Research/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Image: wikimedia.org