Naiknya Penjualan Produk Prada Tidak Sesuai Harapan

(Business Lounge – Business today)  Prada merupakan salah satu brand ternama yang berasal dari Italia, produk yang dihasilkan antara lain parfume, jam tangan, sepatu, koper, baju dan aksesoris fashion lainnya. Produk mereka dipasarkan hampir di seluruh dunia. Perusahaan yang mengusung produk ini, Prada SpA telah melaporkan kinerja penjualan selama tahun 2013 dimana penjualan menunjukkan kenaikan sebesar 9 persen menjadi 3,59 miliar euro ($ 4900000000) dalam 12 bulan hingga Januari.

Sebenarnya jika dilihat pada laporan keuangannya, angka ini berada di bawah estimasi ekonom yang memperkirakan perusahaan ini dapat mencapai penjualan dengan rata-rata 3,64 miliar euro. Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan penjualan sebesar 5%, namun sekaligus menjadi pertumbuhan penjualan kuartal yang terkecil di tahun 2013. Manajemen mengatakan hal tersebut terjadi karena kelanjutan dampak dari forex yang merugikan perusahaan. Sebagai perbandingan, pada tahun 2012, pertumbuhan penjualan Prada meningkat 12 persen.

Untuk perdagangan saham Prada SpA harus berbesar hati untuk mengakui bahwa dalam 17 bulan terakhir perjalanannya di indeks bursa Hang Seng, saat ini mereka sedang mengalami penurunan yang tertinggi, hal ini terlihat dari laporan kuartal nya yang menunjukkan angka pertumbuhan penjualan yang menurun dikarenakan permintaan dari pasar Asia dan Eropa menurun.

Manajemen menyampaikan bahwa jika mereka mengeluarkan kerugian karena selisih kurs, maka sebenarnya penjualan mereka di China naik 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian juga dengan hasil penjualan di Jepang yang meningkat 24 persen, di AS naik 11 persen dan Eropa naik 5 persen. Penjualan di kawasan Timur Tengah juga naik hingga mencapai EUR 90 juta sepanjang tahun 2013-2014.

(sr/IC/bl)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x