(Business Lounge – Services) – Banyak perusahaan membuat slogan untuk produk-produk yang dijualnya. Slogan ini tidak sembarangan dibuat dan tidak juga dibuat dalam waktu satu hari saja. Melainkan berhari-hari, benar-benar dipikirkan dengan baik, bahkan banyak perusahaan yang menggunakan jasa konsultan untuk membuat slogan mereka. Contoh slogan-slogan yang ada yang kita jumpai sehari-hari seperti misalnya Lion Air : ”Fly is Cheap”, Fedex: ”Don’t worry, there’s Fedex”, Asuransi Central Asia: ”Our protection is your confort”, Nokia: ”Connecting People”, dan banyak lagi contoh slogan yang lain.
Slogan merupakan janji perusahaan kepada pelanggannya dan tentu saja tidak sekedar janji tapi harus ditepati, karena seperti saya katakan di atas bahwa slogan tidak dibuat begitu saja, tapi benar-benar dipikirkan dengan seksama dan dengan biaya yang mahal. Kalau slogan sekedar buah bibir saja dan tidak dijalankan oleh perusahaan, maka tidak ada gunanya.
Karena itu petugas Customer Service harus benar-benar memahami bahwa perilaku dari mereka harus mencerminkan slogan dari perusahaan. Misalnya saja janji dari Fed-Ex ”Don’t Worry”, artinya bahwa kapanpun orang mengirim sesuatu, mereka tidak perlu khawatir karena pasti Customer Service atau petugas Call Centre dapat senantiasa dihubungi kapan saja dan menjawab dengan ramah bila pengirim menanyakan sudah sampai dimana kiriman mereka. Contoh lain adalah Asuransi Central Asia dengan slogan ”Perlindungan kami adalah kenyamanan anda”, dalam melayani pelanggan yang mengajukan klaim baik yang langsung datang ke counter klaim maupun melalui layanan hot line 24 jam, perlu sekali memberikan kenyamanan bagi pemegang polis, membantu dengan sepenuh hati sehingga pemegang polis yang mengajukan klaim merasa dilayani dan sangat nyaman karena sikap dan tindakan dari petugas customer service yang menerima klaim.
Perusahaan perlu membuat program pelatihan bagi Petugas Front Officer seperti Customer Service atau Call Centernya supaya dengan program-program tersebut, dapat menciptakan budaya menepati slogan perusahaan. Tidak hanya itu saja, perlu sekali untuk membuat suatu ikatan yang dalam di hati para petugas customer service atau call center mengenai slogan tersebut, sehingga kapanpun mereka melayani pelanggan maka mereka mencerminkan pemenuhan dari janji dalam slogan yang ada.
(pd/ic/bl)
Foto; lutoncabcotaxi.com

