Good Budget Determine Small Business Success

(Business Lounge – Finance) –  Budget menjadi suatu pilar bagi sebuah bisnis dan menentukan keberhasilan bisnis itu sendiri. Jika budget/anggaran tidak diperhitungkan dengan baik, maka alokasi biaya menjadi tidak tepat dan dapat mengancam kesinambungan proses bisnis. Bagi anda yang baru saja memulai suatu bisnis atau baru terjun dalam dunia anggaran, perhatikan tips-tips dibawah ini yang akan sangat menolong untuk menjadi dasar membuat budget yang baik.

Mengapa Penganggaran Penting
Memperkirakan dan mencocokkan beban dan pendapatan (baik yang nyata atau yang diantisipasi) adalah penting karena membantu pemilik usaha kecil untuk menentukan apakah mereka memiliki cukup uang untuk membiayai operasi, memperluas bisnis dan menghasilkan pendapatan bagi diri mereka sendiri. Tanpa anggaran atau rencana, bisnis akan memiliki risiko menghabiskan uang lebih dari itu atau  sebaliknya, tidak menghabiskan uang yang tersedia untuk mengembangkan bisnis lebih lagi dan bersaing.

Teknik Penganggaran
Setiap pemilik bisnis cenderung memiliki proses yang sedikit berbeda, baik situasi, ataupun cara penganggaran. Namun, ada beberapa parameter ditemukan di hampir setiap anggaran yang Anda dapat dengan mudah kerjakan. Sebagai contoh, banyak pemilik usaha harus sewa atau pembayaran hipotek. Mereka juga memiliki tagihan listrik, biaya gaji, biaya pokok penjualan biaya ( bahan baku ), pembayaran bunga dan pajak. Intinya adalah bahwa setiap pemilik bisnis harus mempertimbangkan barang-barang dan biaya lainnya yang secara spesifik berhubungan dengan bisnis nya ketika mendirikan toko atau ketika mengambil alih bisnis yang sudah ada.

Apa yang Harus Dilakukan dengan Pendapatan
Dengan bisnis yang sudah dibangun dan berjalan, Anda dapat membuat asumsi pendapatan di masa depan berdasarkan tren terbaru dalam bisnis. Jika bisnis baru dimulai, Anda harus membuat asumsi berdasarkan wilayah geografis Anda, jam operasi dan dengan meneliti bisnis lokal lainnya. Pemilik usaha kecil sering bisa mendapatkan feeling dari apa yang akan dijual dengan mengunjungi bisnis lokal lainnya dan menanyakan pertanyaan tentang pendapatan mingguan dan mendapatkan informasi mengenai pola lalu lintas.

Setelah Anda meneliti informasi ini, maka Anda harus sesuaikan  pendapatan bisnis dengan biaya. Tujuannya adalah untuk mencari tahu berapa beban rata-rata mingguan untuk biaya overhead, utilitas, tenaga kerja, bahan baku, dll. Berdasarkan informasi ini, sebagai pemilik bisnis, maka mungkin anda dapat memperkirakan atau meramalkan apakah  akan punya cukup uang ekstra untuk memperluas bisnis anda, atau untuk memasukkan uang ke tabungan. Di sisi lain, sebagai pemilik mungkin anda perlu menyadari bahwa untuk memiliki tiga karyawan, bisnis harus menghasilkan pendapatan berapa setiap minggunya.

Mari kita lihat enam tips yang akan membantu Anda merencanakan anggaran bisnis kecil Anda.

Tips No.1: Periksa Standar Industri
Tidak semua bisnis yang sama, tetapi ada kesamaan. Oleh karena itu, perlu melakukan pekerjaan rumah dan membaca dengan teliti beberapa perpustakaan lokal untuk informasi tentang industri , berbicara dengan pemilik bisnis lokal, dan belajar dari web  untuk mendapatkan ide mengenai berapa  persentase pendapatan  yang akan datang serta berapa yang akan dialokasikan untuk pengelompokan biaya.

Usaha kecil dapat sangat beresiko karena mereka dapat lebih rentan terhadap kemerosotan industri daripada yang lebih besar dan pesaing lebih beragam, sehingga Anda hanya perlu mencari rata-rata di sini, tidak perlu data spesifik.

Tips No.2: Membuat Spreadsheet
Sebelum membeli atau membuka usaha, membangun sebuah spreadsheet untuk memperkirakan apa jumlah total rupiah dan persentase dari pendapatan Anda yang perlu dialokasikan untuk bahan baku, biaya persediaan  dan biaya  lainnya. Adalah suatu  ide yang baik untuk menghubungi pemasok  sebelum Anda melanjutkan. Lakukan hal yang sama untuk biaya sewa, pajak, asuransi, dll

Tips No.3 : Mencadangkan Beberapa Faktor Biaya
Ingatlah bahwa walaupun Anda mungkin memperkirakan bisnis akan menghasilkan tingkat tertentu dari pertumbuhan pendapatan atau bahwa biaya-biaya tertentu akan tetap atau dapat dikendalikan, hal-hal ini tetaplah merupakan perkiraan saja dan baku. Karena itu, adalah bijaksana untuk beberapa faktor anda tetap memiliki cadangan dan pastikan bahwa Anda memiliki lebih dari cukup uang masuk dan keluar sebelum memperluas bisnis atau mengambil karyawan baru.

Tips No.4: Lihatlah Untuk Menghemat Biaya
Jika waktu begitu ketat dan uang harus dicari untuk membayar tagihan penting, mengiklankan, atau memanfaatkan kesempatan maka pertimbangkanlah pemotongan-pemotongan biaya untuk penghematan. Secara khusus, lihatlah item yang dapat dikendalikan untuk penghematan yang besar. Tips lain adalah menunggu untuk melakukan pembelian sampai awal siklus penagihan baru, atau untuk mengambil keuntungan penuh dari syarat pembayaran yang ditawarkan oleh pemasok dan setiap kreditur. Beberapa manuver yang bijaksana di sini bisa memberikan pemilik bisnis kelegaan yang sangat dibutuhkan dan memberikan ruang untuk ekspansi.

Tips No.5: Business Review yang berkala
Sementara banyak perusahaan merancangkan anggaran tahunan, pemilik usaha kecil harus melakukannya lebih sering. Bahkan, banyak pemilik bisnis kecil menemukan diri mereka merencanakan hanya satu atau dua bulan ke depan karena bisnis dapat cukup stabil dan biaya tak terduga dapat mengubah asumsi pendapatan.

Tips No.6: Toko Sekitar untuk Layanan / Pemasok
Jangan takut untuk berbelanja sekitar untuk pemasok baru atau untuk menyimpan uang pada layanan lain yang dilakukan untuk bisnis Anda. Hal ini dapat dan harus dilakukan pada berbagai tahap, termasuk saat membeli atau memulai sebuah bisnis, ketika mengatur anggaran tahunan atau bulanan, dan selama review bisnis periodik.

Bottom Line
Penganggaran adalah proses yang mudah tetapi penting bagi pemilik usaha akan digunakan untuk memperkirakan (dan kemudian mencocokkan) pendapatan saat ini dan masa depan untuk biaya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tersedia uang yang cukup untuk menjaga bisnis tetap berjalan, untuk mengembangkan bisnis, untuk bersaing, dan untuk memastikan adanya dana darurat yang dapat dicairkan.

(Iin Caratri/ic/bl)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x