(Business Lounge – Sales & Marketing) – Market sangat dipenuhi dengan berbagai merek / brand; sebagai contohnya di dunia gadget — siapakah yang tidak kenal “Apple” atau “Samsung” dan di consumer goods siapa yang belum pernah mengecap “Indomie” atau “Pop Mie”….atau “Aqua”
Brand tersebut seolah melekat erat dalam benak begitu banyak orang sehingga sudah bukan merupakan hanya sekedar “brand ” namun sudah menjurus menjadi sebuah “Icon” dari suatu product sejenis.
Mengapakah “Brand” begitu penting dan sangat berpengaruh dalam sebuah produk yang dipasarkan. Sesungguhnya “Brand” merupakan sebuah simbol, tanda atau sebuah nama yang diberikan kepada suatu produk sehingga orang tidak sukar untuk mengenalinya dimanapun mereka perlukan dan produk itu berada. “Brand” membantu membedakan product tersebut dari product sejenis lainnya yang ada di pasaran.
Branding bukanlah suatu proses yang membuat customer dapat mengenalinya namun merupakan suatu cara agar agar customer dapat mengenali bahwa product tersebut berasal / diproduksi oleh perusahaan anda.
Aspek mengenai branding semakin penting dewasa ini, di tengah kondisi persaingan yang semakin ketat peranan branding akan semakin besar.
Karena hal demikian, dalam marketing strategy diperlukan pertimbangan yang matang perihal Branding dan menurut Ian Lurie dari Portent Inc adalah sebagai berikut:
1. Hal utama yang penting adalah agar pesan dalam bentuk yang sederhana dapat sampai kepada target market sehingga kredibilitas perusahaan anda menjadi penting / meningkat.

