(Business Lounge – Sales & Marketing) – Setiap perusahaan yang sukses menggunakan brosur sebagai satu unsur yang penting dalam strategi pemasarannya. Brosur merupakan strategi pemasaran yang inovatif yang dapat memenangkan hati pelanggan dan kompetitor Anda.
Dalam dunia bisnis yang kompetitif pada hari ini perlu bagi suatu perusahaan untuk mendesain brosur perusahaan mereka dengan cara semenarik mungkin bagi konsumen dan masyarakat umum Dengan semakin meningkatnya kompetisi di zaman ini maka untuk mempengaruhi orang dengan perkembangan teknologi juga menjadi semakin mudah.
Metode untuk mempengaruhi orang banyak digunakan oleh perusahaan dan organisasi di seluruh dunia. Salah satunya melalui brosur yang dirancang dengan sedemikian menariknya.
Apakah brosur itu ? Brosur merupakan suatu informasi, baik dalam bentuk secarik kertas, selebaran, buklet atau semacam iklan yang dirancang dengan cara yang menarik untuk mempengaruhi keputusan pelanggan dan membuat mereka lebih tertarik pada produk atau layanan Anda.
Perusahaan-perusahaan berkompetisi dengan ide-ide inovatif untuk brosur mereka. Tujuannya adalah membuat produk atau perusahaan mereka sangat menarik sehingga dapat menarik minat bagi pelanggan. Banyak orang yang dapat dengan mudah dipengaruhi oleh iklan dalam bentuk brosur ataupun leaflet
Sebuah leaflet biasanya akan dibuang oleh pelanggan. Mengapa ? Leaflet yang hanya berwarna hitam dan putih tidaklah menarik, tetapi leaflet yang penuh dengan warna-warna cerah akan menarik perhatian orang. Anda perlu memahami psikologi konsumen dan menggunakannya untuk keuntungan Anda.
Brosur ada dua jenis. Jenis pertama adalah brosur berisi setiap informasi yang perlu diketahui oleh pelanggan yang dapat meyakinkan pelanggan bahwa pelanggan tidak bisa melakukannya tanpa produk atau jasa tertentu yang Anda tawarkan
Jenis lainnya adalah brosur yang dirancang dengan desain sangat menarik, dengan satu dengan banyak gambar dan warna-warni.
Brosur hanya berisi informasi singkat tentang produk Anda dan membuat pelanggan ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang produk tersebut. Jika dirancang dengan cerdik, brosur tersebut dapat menarik minat banyak pelanggan. Pada saat ini banyak perusahaan yang mengikuti prosedur ini untuk membuat pelanggan lebih tertarik pada produk perusahaan mereka
Selain itu juga dapat dibuat oleh perusahaan Anda sendiri ataupun memakai jasa seorang desainer grafis.. Dengan memperhatikan konsep, desain, tata letak, fotografi sampai dengan pencetakannya. Pastikan bahwa brosur tersebut sesuai dengan target market Anda dan merepresentasikan perusahaan Anda dengan cara sebaik mungkin.
Hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan Brosur Anda :
– Siapa target market Anda?
– Pesan apa yang terdapat di dalamnya, yang dapat menarik perhatian target market Anda ?
– Pastikan isinya mewakili perusahaan Anda
– Pastikan berkualitas tinggi.
Selain itu apabila didesain dengan menarik dan berinovasi terbukti dapat mempengaruhi orang dengan sangat mudah dan dapat mempengaruhi keputusan yang telah dibuat oleh konsumen sebelumnya. Seperti itulah daya / kekuatan dari sebuah brosur yang menarik. Semakin menarik , maka semakin banyak orang akan tertarik !
Bahkan di era Internet pada saat ini, banyak perusahaan melakukan promosi di Internet. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah promosi dengan menggunakan Brosur memiliki daya tarik visual langsung, dan pelanggan dapat merasakan sentuhan yang jauh di luar apa yang dapat mereka temukan di web atau dalam presentasi multi-media.
Beberapa teman saya memiliki pengalaman bagaimana mereka membeli suatu produk barang karena brosur yang menarik yang mereka terima dari marketing produk tersebut. Sekalipun mereka belum pernah mendengar pengalaman dari pemakai produk itu dan bahkan harganya pun relatif tidak murah, tetapi mereka tetap membeli produk itu. Hal itu menunjukkan bahwa brosur yang menarik dan berinovasi terbukti dapat mempengaruhi orang dengan sangat mudah, juga mempengaruhi keputusan teman saya itu untuk membeli produk.
Brosur yang berkualitas tinggi dan Cerdas dapat menarik perhatian Audience Anda. Ingatlah Brosur yang paling menariklah yang akan mendapatkan / mencapai hasil yang terbaik.
(Debbie Kusuma/IC/BL-VBM)