Pentingnya Rasa Percaya Diri Dalam Pemasaran

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Di dalam memasarkan suatu produk, rasa percaya diri sangat penting. Hal tersebut dikatakan penting karena tanpa adanya rasa percaya diri maka sudah dapat dipastikan bahwa suatu pemasaran tidak akan dapat berjalan dengan baik. Berikut akan dibahas mengenai cara meningkatkan rasa percaya diri dalam pemasaran :

Memiliki Product Knowledge Yang Tinggi

Sudah merupakan hal yang tidak dapat ditawar lagi bahwa product knowledge atau pengetahuan mengenai produk merupakan hal yang harus dimiliki dalam menjual produk dan jasa. Pengetahuan dapat diperoleh dari berbagai cara, misalnya dari membaca katalog atau mendengar pernyataan dari orang yang telah menggunakan produk tersebut.

Dengan memiliki pengetahuan yang tinggi mengenai produk dan jasa yang kita pasarkan, maka rasa percaya diri kita akan bertambah, karena kita akan sanggup untuk mengarahkan konsumen agar mau membeli atau menggunakan produk dan jasa yang kita pasarkan.

Memiliki Penampilan Yang Rapi

Penampilan yang rapi merupakan salah satu kunci agar menambah rasa percaya diri. Terkadang konsumen melihat cara berpakaian dari orang yang sedang memasarkan produk dan jasa. Salah satu faktor mengapa seorang harus memiliki penampilan yang rapi adalah penampilan yang rapi membuat orang tersebut terkesan lebih sukses. Orang yang terkesan sukses akan menambah rasa percaya dari calon konsumen akan produk dan jasa yang ditawarkan kepada mereka.

Untuk wanita, ketika sedang mengadakan presentasi atau sedang memasarkan produk secara langsung, sangatlah penting untuk berdandan yang rapi sebelum berhadapan dengan calon konsumen. Selain berdandan, pakaian yang dikenakan juga harus terlihat rapi dan modis namun tetap memperhatikan budaya ketimuran.

Bagi pria, pakaian rapi juga sangat diwajibkan karena pakaian yang rapi akan menambah rasa percaya diri dan keyakinan untuk memasarkan produk dan jasa. Pakaian rapi tersebut tidak perlu mahal, yang penting adalah kerapihannya, seperti contohnya kemeja berlengan panjang, dasi, celana bahan, dan sepatu yang pantas.

Satu hal lagi yang sering dilupakan adalah senyum. Meskipun penampilan sudah begitu rapi dan terlihat cantik maupun tampan, jika seseorang tidak tersenyum maka akan memberikan kesan menyebalkan atau sombong bagi orang lain. Karena itu senyum juga sangat penting ketika memasarkan produk dan jasa kepada konsumen.

Memiliki Kemampuan Berkomunikasi Yang Baik

Kemampuan berkomunikasi merupakan hal yang penting dalam memasarkan produk dan jasa. Meskipun kita menguasai produk dan jasa dengan baik dan memiliki penampilan yang rapi dan menawan, tetapi jika tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, maka tidak akan memiliki rasa percaya diri dalam memasarkan produk dan jasa.

Cara melatih kemampuan berkomunikasi adalah dengan membiasakan diri berbicara dengan baik dan bertutur kata yang sopan. Selain itu, kita harus ingat bahwa konsumen merupakan raja. Dengan mengingat prinsip tersebut, maka kita akan bertutur kata dengan lebih baik dan tidak sembarangan.

Biasakan juga untuk menghormati konsumen dengan cara membiasakan diri bertutur kata yang sopan di hadapan mereka dan juga tidak jemu-jemu untuk menjawab pertanyaan mereka. Dengan kesadaran kita untuk mau bertutur kata yang sopan dan tidak mengeluh di hadapan mereka, maka mereka akan terdorong untuk membeli dan menggunakan produk dan jasa yang kita pasarkan.

 

(Fanya Jodie/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x