(The Manager’s Lounge – Business Today), Pasar otomotif Indonesia sepertinya tidak ada habisnya dalam berinovasi. Kali ini kembali Toyota memberikan angin baru dengan meluncurkan sedan buntung (hatchback) Toyota Etios Valco dengan mengincar akan keluarga muda yang biasanya jumlah anaknya tidak terlalu banyak.
Dalam jumpa persnya di Jakarta pada Selasa kemarin, Joko Trisanyoto selaku Direktur pemasaran Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa tren permintaan akan kendaraan perkotaan kecil (small car) belakangan ini semakin meningkat.
“Pangsa pasar Toyota Etios diperuntuk untuk mereka yang berusia 30 – 40 tahun dengan prediksi keluarga muda dengan jumlah anak maximal 2 orang, dengan biaya pengeluaran mereka sekitar Rp 10 juta per bulannya,” kata Joko.
Toyota Etios ini sendiri akan diproduksi oleh PT Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) yang terletak di Karawang, Jawa Barat.
Chief Engineer Etios, Akio Nishimura, sebagai pendesign akan mobil untuk pasar di India pada tahun 2006. Pangsa pasar disana berasal dari keluarga menengah ke bawah, namun untuk Indonesia Nishimura mendesign berbeda dengan spesifikasi di India, Etios yang dipasarkan di Indonesia lebih nyaman dengan standar keselamatan lebih tinggi. “Airbag tidak hanya satu sis saja tapi dua sisi, yaitu di sisi pengemudi dan penumpang,” katanya.
“Dan “ground clearance” Etios yang dipasarkan di Indonesia juga lebih tinggi yaitu mencapai 170mm. “Ini disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia,” demikian ditambahkan oleh Joko Trisanyoto.
Sehingga dengan keunggulan tersebut Joko yakin bahwa segmen mobil kecil ini akan merebut hati masyarakat Indonesia, karena Toyota Etios ini berada diantara Yaris dan Agya. Dan kehadiran Etios ini akan menambah volume kenaikan penjualan mobil toyota di Indonesia ini.
(rs/IK/md-ant)

