(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Blog dan situs social network semakin menjamur keberadaannya. Banyak situs blog dan social network yang memuat posting mengenai review album musik, buku hingga film. Seperti misalnya MySpace, yang seringkali dijadikan ajang peluncuran band-band indie. Bagaimana sebenarnya efektivitas media tersebut dalam mendongkrak penjualan?
Penelitian yang dilakukan sebelumnya, baik oleh Dellacoras, Duan dan Chevalier, menunjukkan bahwa review online dari para konsumen dapat memberikan prediksi terhadap penjualan buku dan film. Namun, belum pernah ada penelitian mengenai bagaimana dampak dari user-generated content atau content yang dihasilkan oleh user seperti pada blog dan situs social network, seperti halnya review lainnya baik secara online maupun media umum lainnya.
Makalah berjudul ‘Does Chatter Matter? The Impact of User-Generated Content on Music Sales’ oleh Vasant Dhar dan Elaine Chang menganalisa manfaat dari blog dan situs social network dalam hal memprediksi penjualan album dalam empat minggu sebelum dan setelah tanggal rilis nya.
Temuan penting yang paling signifikan adalah, semakin besar volume posting blog mengenai suatu album, maka penjualannya juga semakin tinggi. Bertentangan dengan konklusi yang dihasilkan oleh Duan, ditemukan bahwa rating rata-rata dari konsumen termasuk variable signifikan, sementara itu, jumlah review konsumen tidaklah signifikan. Hasil ini sejalan dengan temuan dari Dellacoras, dimana rating rata-rata dari konsumen bisa memprediksikan penjualan dengan lebih baik daripada rating media pada umumnya.
Meskipun user-generated content adalah alat prediksi yang baik untuk penjualan album musik, namun analisa menunjukkan bahwa factor tradisional juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Ketika label independent dengan blog chatter jumlah besar dapat menjual lebih banyak dibandingkan dengan rilis label mayor, temuan mengungkapkan bahwa rata-rata rilis label mayor terjual dua belas kali lebih banyak dibandingkan dengan rata-rata rilis label independent. Temuan lainnya juga menunjukkan bahwa review media umum juga berkorelasi positif dengan penjualan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa user-generated content sudah seharusnya dipertimbangkan secara serius oleh label rekaman. Blog chatter dan informasi di MySpace, misalnya, bisa tersedia sebelum rilis album, sehingga label bisa meneliti dua variable ini untuk memprediksi penjualan sebelum album benar-benar tersedia di pasaran.
(Rinella Putri/AA/TML)