(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Seorang marketing tidak hanya harus dapat mencari klien-klien yang baru, tetapi juga harus dapat memaintain klien yang ada sehingga mereka menjadi loyal. Mengapa kita harus membuat klien loyal kepada kita ? Karena seorang klien merupakan asset yang sangat berharga dalam dunia marketing, seorang klien dapat memberikan banyak peluang bisnis untuk kita. Selain itu kita sangat memerlukan networking yang dimilikinya.
Setiap klien harus dimaintain dengan baik yaitu dengan memberikan service yang terbaik dan marketing harus dapat mengetahui apa kebutuhan dari setiap klien. Untuk mengetahui kebutuhan dari klien dan apa yang membuat klien merasa nyaman untuk terus bekerjasama dengan kita, maka sangat diperlukan komunikasi 2 arah secara rutin dan konsisten. Buatlan klien Anda bergantung pada Anda atau paling tidak pastikan bahwa klien tersebut sangat mempercayai Anda sehingga segala keputusan yang akan diambil, yang menyangkut bisnisnya, akan didiskusikan terlebih dahulu kepada Anda. Karena itu, selain berjualan, seorang marketing juga harus memiliki wawasan luas, bukan saja mengenai produk yang dijual tetapi hal-hal yang juga berkaitan dengan itu sehingga Anda pun dapat menjadi advisor bagi klien Anda ketika klien Anda memerlukannya, Tentu saja hal ini akan menjadi point plus buat Anda dank lien akan semakin mempercayai Anda sebagai partner bisnis.
Sebagai seorang klien, ketika kita menggunakan sebuah produk atau service tertentu, tentulah yang diinginkan bukan hanya sebagai user dari prodk tersebut, biasanya seorang klien akan sangat mengharapkan service-service tambahan dari Anda sebagai seorang marketing, dan inilah yang akan membedakan Anda dari yang lain dan membuat klien Anda akan menjadi loyal terhadap Anda.
Komunikasi dengan klien sangatlah penting Anda lakukan secara konsisten. Bahkan mungkin Anda dapat meluangkan waktu untuk klien Anda hanya untuk mendengarkan klien Anda berbicara tentang apa saja. Mungkin Anda dapat menanyakan bagaimana kesan-kesannya menggunakan produk Anda, adakah masukan-masukan yang berharga atau ide-ide yang membangun dari klien Anda sehingga Anda dapat meningkatkan service kepada klien pada waktu-waktu mendatang. Karena itu buatlah rencana secara rutin untuk Anda berkomunikasi dengan klien Anda.
Kenali klien Anda sehingga Anda dapat mengetahui apa yang menjadi kebutuhannya. Hal ini sangat penting untuk Anda dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada klien Anda, sesuai dengan apa yang ia inginkan. Tambahkan wawasan Anda sehingga Anda dapat menjadi teman bicara yang menyenangkan sehingga klien Anda dapat menshare-kan apa saja kepada Anda dan mendapat solusi ketika ia membutuhkannya.
Jika ada masalah atau complain dari klien Anda, bersikaplah profesional, jangan pernah membela diri atau mempertahankan diri Anda sebagai pihak yang benar. Jadilah pendengar yang baik dan berusahalan untuk mencari solusi dari setiap masalah yang timbul , paling tidak klien Anda akan melihat bahwa Anda telah berusaha untuk mencari solusi yang terbaik dan Anda berpihak padanya.
Bangunlah kepercayaan klien Anda dan berikanlah service yang lebih sehingga klien akan menjadi loyal terhadap Anda.
(Indriani Vera/AA/TML)