The Power of Online in Promotion

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dalam suasana pemilihan gubernur kali ini, saya sebenarnya banyak berpikir ya, betapa canggihnya sekarang teknologi yang ada hingga bisa menciptakan suatu opini dan juga mengarahkan seseorang untuk menentukan pilihannya. Teknologi melalui internet, hal itu juga yang membuat media online pada saat ini semakin berkembang dan bahkan bukan hanya sekedar untuk dibaca, tetapi bisa menciptakan opini yang menaikkan pamor seseorang, atau bahkan menjatuhkan pamor seseorang.

That’s right..kita masih mengingat bagaimana kesuksesan Presiden Barack Obama di Amerika Serikat pada waktu dia terpilih menjadi Presiden, kebanyakan dia mendapatkan promosi dari para netters atau pengguna internet aktif. Pada waktu itu begitu gencarnya promosi yang dilakukan melalui internet dan akhirnya, kita sendiri tahu bahwa promosi yang banyak dilakukan oleh para netters itu akhirnya membuahkan hasil.

 

Beberapa hari yang lalu, saya menerima bbm dari teman saya. Dia adalah pendukung salah satu calon gubernur yang ada, dan dia semangat sekali melakukan broadcast bbm yang intinya mendukung sang calon gubernur. Jujur saya sempat bertanya juga padanya, semangat banget nih..dia bilang ya karena setelah dia melihat filmnya dia menjadi trenyuh dan menjadi semangat untuk mendukung serta mempromosikannya. That’s it..saya berbicara bukan mengenai hal dimana ia menjadi tertarik untuk mendukung salah satu calon gubernur itu, tetapi mengenai cara ia mempromosikannya kepada yang lain..dia mempromosikannya melalui blackberry messenger..wow, dan jujur saja sayapun jadi agak penasaran dan berhasil terbentuk opini saya setelah membaca blackberry messengernya..again, technology rules this way..

 

Banyak lagi cara yang dilakukan oleh para pendukung calon gubernur yang rata-rata saat ini semuanya dilakukan dengan cara online. Saya juga melihat banyak bentuk campaign yang dilakukan dengan cara online seperti melalui youtube, twitter, facebook, blackberry messenger, whatsapp, dan juga berbagai hal lainnya. Saya hanya berpikir, semakin lama teknologi ini memang akan semakin menunjukkan bahwa promosi online merupakan salah satu cara yang efektif saat ini, dan merupakan cara untuk mencari pendukung di “lautan luas dunia maya”. Bahkan, dari awalnya kita tidak mengenal sang calon gubernur tersebut, berkat promosi online, kita jadi tahu bahkan di dalam benak kita bisa menciptakan opini yang juga menimbulkan rasa penasaran dan akhirnya menentukan pilihan kita.

 

Belajar dari hal promosi online yang dilakukan semasa kampanye ini, ada hal yang saya pelajari, bahwa strategi promosi online merupakan salah satu strategi word of mouth, dimana menurut Sernovitz (2006), word of mouth harus memenuhi empat aturan, yaitu menarik, membuat orang senang, mendapatkan kepercayaan dan kehormatan, dan mempermudah. Memang, seperti yang kita ketahui strategi word of mouth adalah strategi yang paling efektif bahkan paling murah, karena jarang bahkan hampir tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Internet, dalam hal ini merupakan pemasaran online, memang merupakan cara untuk word of mouth yang mungkin sepertinya hanya berbicara di dunia maya, namun hal itu juga mengakibatkan efek yang luar biasa, bahkan mampu menciptakan opini bagi masyarakat.

 

Dari semua hal ini saya belajar untuk diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai marketing, bahwa pemasaran online sangat penting karena dampaknya sangat besar saat ini. Mulailah dengan memasarkan produk atau jasa Anda secara online dan Anda akan memperoleh manfaatnya. Murah, praktis, dan tentu saja, membuat produk atau jasa Anda menjadi lebih dikenal masyarakat luas.

 

(Fanya Jodie/AA/TML)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x