Strategi Marketing AXIS : Memberikan Benefit Bagi Pelanggan

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Memasuki perang tarif yang semakin hebat di antara operator seluler, AXIS baru-baru ini meluncurkan layanan GSM yang menarik, yaitu memberikan bonus airtime sebesar Rp. 100 per menit bagi pengguna AXIS yang menerima telepon dari operator lain, dimana bonus Rp. 100 tersebut akan ditambahkan ke nomor pengguna AXIS untuk setiap panggilan.

AXIS berusaha menerapkan strategi marketing dengan memberikan benefit-benefit yang menarik, seperti Rp 1 per panggilan, Rp 0,1 per Kb untuk akses internet, tariff Rp 60 per SMS ke semua operator dan 50% bonus isi ulang.

AXIS berusaha memberikan layanan yang sederhana, terjangkau dan jujur, demikian menurut Johan Buse, Chief Marketing Officer AXIS. Dengan demikian akan semakin banyak lagi pelanggan yang menggunakan layanan AXIS.

Sementara Presiden Direktur dan CEO AXIS, Erik Aas menyatakan, dengan layanan terbaru pemberian bonus Rp. 100 tersebut, maka diharapkan AXIS akan memperoleh tambahan pelanggan sekitar 1 juta lagi sampai akhir tahun 2008 ini. Dengan demikian total pelanggan AXIS mencapai 2 juta di tahun 2008. AXIS sendiri yakin, dari sekitar 150 juta orang di Indonesia yang masih belum dapat menikmati layanan komunikasi seluler, maka diharapkan AXIS dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Dengan semakin meningkatnya persaingan bisnis, seperti perang tarif yang terjadi, atau perang iklan antar berbagai produk, maka tentunya ada hal-hal inti yang tidak boleh dilupakan, yaitu produk tersebut memang dibutuhkan masyarakat, berguna dan memberikan nilai tambah / benefit yang membuat masyarakat pelanggan senang dan tertarik menggunakan produk-produk tersebut.

 

 

(Asido Situmorang/AA/TML)