Memanfaatkan Perbedaan Cara Pandang dalam Sales/Marketing

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Setiap orang memiliki cara pandang masing-masing, sehingga ini menghasilkan buah pemikiran yang berbeda-beda. Faktor yang mempengaruhi cara pandang seseorang sedikit banyak dipengaruhi oleh sifat dan kepentingan, juga knowledge yang dimiliki orang tersebut.

Misalnya, dalam foto sepasang pengantin yang dimuat di sebuah website, ketika pengunjung dimintai komentarnya maka akan ada puluhan komentar yang berbeda. Ini menunjukkan beragamnya cara pandang walaupun sebenarnya inti semuanya adalah sama, yaitu tentang cinta dan kebahagiaan.

Mempengaruhi Cara Pandang

Penting bagi seorang sales/marketing untuk mengenali customer/kliennya sehingga memudahkan baginya mengadakan pendekatan dan penyesuaian. Karena itu ketika dalam tahap prospecting, sales harus mampu mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang arahnya adalah adalah untuk mengenali siapa customer/klien dan apa yang menjadi kepentingannya. Dari situ, sales sudah mulai bisa mengetahui produk/jasa seperti apa yang cocok bagi customer/klien

Namun masalah timbul ketika produk/jasa yang dimiliki sales sepertinya kurang bisa masuk. Nah, disinilah peranan penting sales bagaimana ia bisa bernegosiasi dengan klien/customer sehingga pada akhirnya bisa terjadi closing

Bagaimana cara Anda dapat menyesuaikan kepentingan klien/customer dengan produk/jasa yang Anda jual?.

Caranya yakni dengan mempengaruhi cara pandang dan pemikiran klien/customer. Kadangkala sales yang pintar akan mulai dengan ‘memainkan’ emosi klien/customernya melalui hal-hal yang ‘sentimentil’ dan menyentuh hati. Saya beberapa kali pernah bertemu dengan seorang sales yang bisa membuat klien/customernya menjadi begitu emosi sehingga sampai menitikkan airmata.

Inilah kehebatan seorang sales yang bisa membangkitkan emosinya klien/customernya. Dan kalau sudah begitu maka klien/customer pasti akan mulai untuk mulai mengikuti apa saja yang dikatakan oleh sales.

Namun tak kalah penting bahwa seorang sales haruslah memiliki banyak pengetahuan yang luas baik tentang hal-hal seputar ‘jualannya’ maupun pengetahuan umum lainnya. Karena itu seorang sales harus rajin membaca berita-berita di koran, majalah dan lebih bagus lagi dari internet yang sangat update. Karena seperti saya katakan di awal bahwa cara pandang sesorang dipengaruhi oleh pengetahuan. Dengan memiliki banyak pengetahuanlah seseorang sales akan mudah ‘berjualan’ karena di mata klien/customer sales adalah seorang yang tepat dan bisa dipercaya.

 

 

(Natalina B/AA/TML)